29 April 2015

Libatkan 244 Seniman, Perbekel se-Kecamatan Blahbatuh Persembahkan Calonarang Kolosal

Panggung terbuka Balai Budaya Gianyar sesak oleh ribuan penonton yang menyaksikan pementasan Tari Calonarang oleh Perbekel se-Kecamatan Blahbatuh dengan melibat 244 seniman tari dan tabuh. Calonarang kolosal mengambil judul “ Brahmantia Si Walu Nateng Dirah” yang dipentaskan serangkaian Hari Jadi Kota Gianyar (HJKG) ke-244 di panggung terbuka, Balai Budaya, Gianyar, (27/4).

Sebelum pementasan calonarang kolosal diawali dengan pementasan tabuh gegenderan sekar sungsang, bima kroda, tabuh sulendro, dengan menampilkan 50 penabuh gender wayang anak-anak se-Kabupaten Gianyar.

Camat Blahbatuh, I Made Krya Gunastra mengatakan lakon “Brahmantia Si Walu Nateng Dirah” merupakan garapan yang menceritakan marahnya Walu Nateng Dirah atau Ratu Girah karena putrinya tidak jadi diambil oleh raja Kediri. Sehingga menciptkan kekacauan dan menebar wabah penyakit.

Krya Gunastra menambahkan pementasan calonarang ini melibatkan 48 penari sisya, rangda 8, celuluk 4, dan keterlibatan perbekel se-Kecamatan Blahbatuh dalam pementasan calonarang yang sudah tampi untuk kedua kalinya.

“Saya sendiri memerankan Rangda Brumbun yang diusung para raksasa, dan para perbekel memerankan Rangda lainnya sesuai arah mata angin, dan yang tidak kalah pentingnya Asisten I Setda Kabupaten Gianyar, Cok Rai Widiarsa P. mengawali pementasan Calonarang  dengan menari Jauk Manis, kami merasa bangga,” Ungkap Krya saat diwancarai masih menggunakan pakian rangda.

Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra mengapresiasi pementasan Calonarang kolosal yang dipersembahkan Camat dan Perbekel se-Kecamatan Blahbatuh.

Hal ini merupakan bentuk nyata, kekompokan dan kebersamaan yang sangat erat diantara perbekel di Kecamatan Blahbatuh. Rasa kebersamaan dan kekompakan ini tentunya menjadi modal untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam kemajuan pembangunan khususnya di wilayah Kecamatan Blahbatuh.

Gus Gaga juga menambahkan, selain menghibur, pementasan calonarang ini juga memiliki edukasi yang tinggi karena didalamnya juga terkandung nilai pendidikan dan pesan moral yang ditampilkan dalam cerita tersebut.

Media tradisional juga merupakan media yang efektif dalam memberikan informasi terkait pembangunan Gianyar. Sehingga warga bisa mendapatkan pelayanan informasi dan pejabat bisa dijadikan tauladan warga lainnya dalam melestarikan seni dan budaya Gianyar, "imbuh Gus Gaga. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .