23 August 2024

TP PKK Gelar Sosialisasi 10 Program Pokok PKK

Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar menggelar sosialisasi 10 Program Pokok PKK bagi kader PKK Desa se Kabupaten Gianyar, Jumat (23/8) di Museum Subak Masceti. PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang menjadi wadah partisipasi masyarakat. 
Keberadaan tim penggerak PKK menjadi penting dan strategis karena merupakan mitra pemerintah dalam mendukung program kerja pemerintah melalui 10 Program Pokok PKK yang terdiri dari Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Pelaksanaan Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat. 
Ditekankan Pj.TP  PKK Gianyar Ny. Widiastuti Wirasa bahwa sosialisasi 10 program pokok PKK bagi kader PKK desa se Kabupaten Gianyar menjadi hal yang sangat penting dalam rangka mewujudkan tertib administrasi, guna pelaksanaan kegiatan pemberdayaan kesejahteraan keluarga.
Melalui kegiatan sosialisasi ini juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dari para kader PKK baik di tingkat desa/kelurahan atau kecamatan di dalam penyusunan program kerja.
“Sosialisasi ini juga untuk peningkatan kapasitas Kader PKK, baik di  pokja 1,2,3,4 dan kesekretariatan di setiap tingkatan baik di kecamatan dan desa/kelurahan untuk tertib administrasi maupun tata kelola kelembagaan,” tegasnya. 
Dilanjutkan Ny. Widiastuti Wirasa bahwa  kader PKK merupakan agen perubahan yang mampu menjadi magnet perubahan saat berdampingan dengan masyarakat melalui ketulusan pengabdian dan kontribusi dari kader-kader dalam semua kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, khususnya dalam mendukung program kerja pemerintah dari tingkat pusat sampai tingkat desa atau kelurahan.
Widiastuti Wirasa juga menceritakan bahwa PKK sudah dikenal atau diakui eksistensinya sejak tahun 1972 dimana dalam perkembangannya memerlukan beberapa penyesuaian. Hal itu dibutuhkan agar PKK dapat merespon situasi kekinian dan selaras dengan tuntutan serta ketentuan peraturan yang berlaku. 
Guna memaksimalkan sosialisasi, TP PKK Gianyar memberikan sosialisasi secara khusus kepada masing-masing pokja, baik pokja 1,2,3,dan 4 serta Kesekretariatan PKK desa/kelurahan dalam ruangan yang berbeda. Sehingga masing-masing pokja dan kesekretariatan  PKK dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, sehingga program unggulan di masing-masing pokja dapat berjalan dengan lancar.
Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan APD bagi para kader kesehatan lingkungan dari 4 desa, yakni Desa Singapadu, Melinggih, Ketewel dan Pejeng. Bantuan APD merupakan bantuan CSR dari Bank BPD Bali Cabang Gianyar.
Di sela acara tersebut juga dilakukan sosialisasi terkait inovasi PUSDADU ( Pusat Data dan Informasi Terpadu) berbasis website oleh  Sekretaris Dinas PMD yang sekaligus sebagai Sekretaris TP PKK Kab Gianyar Ni Wayan Sriyani. Yang mana dalam inovasi Puspadu juga ditampilkan data kelembagaan TP PKK desa/kelurahan dan kecamatan dan sangat diapresiasi  oleh Pj. Ketua TP PKK Gianyar  Ny. Widiastuti Wirasa karena sangat membantu para kader PKK dari semua jenjang ketika memerlukan data terkait dengan kelembagaan PKK.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .