23 August 2024

Peringatan HAN, Pengurus FAD Gianyar periode 2024-2026 Dilantik

Serangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Pemkab Gianyar menggelar Pelantikan Pengurus Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Gianyar periode 2024-2026 di Balai Budaya Gianyar, Jumat (23/8). Mewakili Pj. Bupati Gianyar, pelantikan dilakukan Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Gianyar, I Wayan Sadra. Dengan dilakukan pelantikan tersebut, secara resmi I Made Andhika Widita Rasendria menggantikan I Kadek Krishna Saputra menjadi Ketua FAD Kabupaten Gianyar.
Selain pelantikan FAD, perayaan peringatan Hari Anak Nasional di Kabupaten Gianyar juga dimeriahkan dengan berbagai lomba. Mulai lomba pidato, mendongeng dan menulis artikel dengan tema HAN.
Dalam sambutannya, Sadra mengatakan kualitas anak dan generasi muda sangat menentukan tingkat kemajuan dan kualitas SDM sebuah bangsa. Setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosial. Tak kalah penting, anak juga harus memperoleh perlindungan dan terpenuhi hak - haknya. “Upaya membangun karakter anak merupakan sebuah kewajiban yang berkelanjutan yang hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang. Pemenuhan atas hak-hak anak di masa sekarang merupakan jaminan atas ketersediaan SDM unggul di Kabupaten Gianyar maupun Indonesia di masa depan,” kata Sadra. 
Melalui peringatan Hari Anak Nasional, memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap anak Indonesia untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam berbagai kegiatan yang positif sehingga anak bisa berkembang menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.
Ini merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen masyarakat dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. “Akhir kata, saya mengucapkan selamat Hari Anak Nasional tahun 2024 dan selamat bertugas untuk Pengurus Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar periode 2024-2026,” tutupnya. 
Pada kesempatan tersebut FAD menyerahkan dokumen Suara Anak Gianyar 2024 kepada Pemkab Gianyar yang berisi 11 poin. Diantaranya, mengajak anak untuk mengembangkan minat literasi melalui pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan aplikasi ipusnas,  mengimbau kepada orang tua untuk lebih peduli dan memberikan edukasi seksual secara bertahap pada anak, memohon kepada pemerintah untuk menegakkan regulasi terkait rokok guna menekan jumlah perokok pada anak, memohon kepada pemerintah untuk menggencarkan program percepatan penurunan stunting, memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan peran puspaga (pusat pembelajaran keluarga), mengajak anak untuk berani menjadi agen 2P (pelopor dan pelapor) guna memberantas kasus manipulasi seksual terhadap anak, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan eksploitasi pekerja anak, mengimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam menanggulangi maraknya aksi balap liar yang dilakukan oleh anak, memohon bawaslu untuk bertindak tegas atas segala bentuk pelibatan anak dalam politik praktis, memohon kepada pemerintah untuk memperluas daerah, jangkauan transportasi ramah anak, memohon kepada pemerintah untuk menindak tegas situs dan segala bentuk promosi judi online.
Di akhir acara kegiatan peringatan Hari Anak Nasional tahun 2024 di Kabupaten Gianyar juga diserahkan hadiah juara lomba mendongeng tingkat SD, lomba pidato tingkat SMP, dan lomba artikel tingkat SMA.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .