28 July 2015

Bupati Gianyar Panen Perdana Padi di Subak Selat

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata, didampingi Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra, Wakil Ketua DPRD, I Ketut Jata bersama krama Subak Selat, Desa Belega, Blahbatuh Gianyar menggelar acara panen bersama di Subak setempat, (27/7).

Prof. Dr. I Wayan Supartha, MS,  Ketua tim peneliti Unud menjelaskan panen padi merupakan tindaklanjut uji coba program pemetaaan potensi komoditas pertanian di Kabupaten Gianyar oleh tim peneliti Program Studi Doktor Ilmu Pertanian Program Pasca Sarjana Universitas Udayana (Unud) tahun 2013 lalu. Untuk tahun 2015 dilakukan rekayasa teknologi tanaman padi dan jeruk di wilayah Kabupaten Gianyar.

“Program ini merupakan rekayasa teknologi dan rekayasa sosial dalam rangka mendapatkan teknologi andalan bagi pengembangan agrobisnis di masing-masing sentra pengembangan di wilayah Kabupaten Gianyar”, ungkap Prof. Supartha.

Rekayasa teknologi tahun ini dilakukan di dua kecamatan untuk padi di Kecamatan Blahbatuh dan Jeruk di Kecamatan Payangan, imbuh Prof Supartha.

Prof. Supartha menjelaskan, khusus padi ada dua model yang dikembangkan di Subak Selat yakni varietas padi Cigeulis dan Sertani serta tumpang sari padi dan Gonda. Varietas Padi Sertani memiliki keunggulan dan lebih berpotensi dikembangkan karena berdasarkan hasil panen diperoleh hasil produksi 8 – 10 ton per hektar tanpa pupuk anorganik. Sedangkan Cigeulis  hanya 6,2 ton per hektar dengan menggunakan pupuk anorganik. Sementara pada tumpang sari padi dan gonda diperoleh hasil panen 250 ribu per are. Dibandingkan sebelumnya terjadi peningkatan hasil petani hingga 40 persen.

Prof. Suparta menjelaskan berdasarkan hasil penilaian kesesuaian lahan dan ketersediaan lahan pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar, penetapan sentra kawasan pengembangan komoditas pertanian untuk tanaman padi dan palawija, adalah lahan basah (sawah) yang tersebar di kecamatan Sukawati (2.705 Ha), Blahbatuh (2.277 Ha), dan Gianyar (2542 Ha). Untuk sentra pengembangan tanaman hortikultura seperti jeruk, salak gula pasir, dan manggis, adalah lahan-lahan kering/kebun campuran di Kecamatan Payangan, Tegallalang, dan Tampaksiring. Untuk sentra pengembangan tanaman perkebunan seperti kopi, adalah Kecamatan Tampaksiring, Payangan, dan Tegalalang. Untuk tanaman hias bunga-bungaan difokuskan di kecamatan Tegallalang, Payangan, dan Tampaksiring.

“Jika sudah ada pemetaan maka tingkat keberhasilan lebih besar, sehingga pendapatan petani meningkat dan mencegah terjadinya alih fungsi lahan,” imbuhnya.

Pekaseh Subak Selat, I Wayan Mara, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar dan pihak Unud yang telah mengembangkan rekayasa teknologi pertanian khussunya padi. Dimana melalui demplot uji coba ini, petani mendapatkan nilai tambah yang tinggi baik dari varietas padi dan tanaman gonda.    

Sementara  Bupati Agung Bharata melakukan panen perdana menyampaikan, dengan tindaklanjut dari sentra pemetaan potensi pertanian ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kehidupan ekonomi petani. Karena pertanian saat ini tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi yang ada. Diharapkan dengan rekayasa teknologi dan rekayasa sosial memberikan nilai tambah yang tinggi kepada petani. Sehingga pertanian menjadi daya tarik dan makin diminati oleh generasi muda, tentunya hal ini kan mmapu mencegah alih fungsi lahan di Kabupaten Gianyar.

“Diharapkan akan terbentuk kawasan atau sentra-sentra produksi komoditas pertanian yang memenuhi kesesuaian ekologis, ekonomis maupun sosiologis,” ungkap Agung Bharata.

Seperti diketahui Gianyar memiliki potensi sumber daya alam seluas 36.800 ha yang terdiri atas lahan sawah seluas 14.729 ha dan lahan bukan sawah seluas 22.071 ha Selama ini Kabupaten Gianyar mampu memberikan kontribusi sebagai pemasok pangan terbesar kedua bagi Bali setelah kabupaten Tabanan. Selain itu potensi lahan kering seluas 11.732 ha, juga sangat potensial untuk pengembangan komoditas palawija, hortikultura dan perkebunan. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .