08 April 2016

Awali Program tahun 2016, Dekranasda Bina ke Sentra Kerajinan di Gianyar

Tahun 2016 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  Kabupaten Gianyar, mempunyai pekerjaan rumah (PR) yang sangat penting, yaitu keinginan untuk  memetakan kerajinan yang ada di Kabupaten Gianyar.  Ini penting, terutama untuk mengetahui jenis produk-produk kerajinan dan lebih gampang melakukan pembinaan. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat memberikan pembinaan ke beberapa sentra kerajinan di Kabupaten Gianyar, (8/4).

Ny. Surya Adnyani Mahayastra menambahkan, jika sudah terpetakan dengan baik kita akan tahu tiap-tiap kecamatan apa produksi unggulannya. Misalkan daerah Celuk Sukawati disana sentranya kerajinan perak, daerah Blahbatuh kebanyakan terdapat industri tenun , begitu pula daerah atas seperti Payangan dan Tegallalang.

“Jika sudah terpetakan kami di Dekranasda akan lebih gampang memberikan pembinaan yang mereka butuhkan. Begitu pula dengan bantuan fasilitasi pameran, jika sudah terdata dengan baik bantuan tidak hanya diterima para pengerajin yang itu-itu saja,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Seperti halnya saat pembinaan di pengerajin keben dengan motif kerak telur di Br. Tegal, Desa Tulikup Gianyar. Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar menanyakan secara detail tentang kerajinan keben kerak telur, baik mengenai bahan baku, modal, pemasaran hingga desain. Karena setiap pembinaan pihaknya selalu mengikut serta seorang desainer untuk membantu pengerajin di bidang motif dalam mengembangkan usahanya.

Tidak hanya bantuan pemasaran melalui berbagai event pameran, Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga menyarankan pada setiap pengerajin yang diberikan binaan agar mengikuti pelatihan manajement produksi yang rutin digelar Dekranasda bekerjasama dengan SKPD terkait. Pelatihan manajemen produksi sangat penting, sehingga para pengerajin dapat mengelola manajemen produksi baik mengenai modal dan distribusi usaha.

“ Jangan sampai usaha lancar namun tidak balik modal, karena manajemen produksi yang amburadul , “ jelasnya lagi. 

 Sementara itu menurut sang pemilik usaha I Wayan Indra, usaha keben dirintisnya sejak 3 tahun yang lalu setelah ia mengalami kebangkrutan saat berbisnis furniture. Dari awal berdiri usaha, ia mengaku sudah mendapat pembinaan dari Dinas Koperasi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar. Berawal dari modal hanya Rp 200 ribu, usaha itu kini berkembang pesat dengan omzet per bulan hampir mencapai Rp. 70 juta.

Pesatnya bisnis keben bermotif kerak telur, tak terlepas karena jelinya ia memilih lahan bisnis. Keben atau lebih dikenal dengan sok asi memang tidak bisa lepas dari kedupan upacara adat dan agama di Bali, jadi bisnis ini akan tetap berkembang tidak tergilas krisis ekonomi asal pintar berkreatifitas di bidang desain dan motif. Motif kerak telur, menurut penuturan I Wayan Indra terinspirasi saat ia duduk bengong dijalan melihat pecahan keramik/ kaca di aspal jalan. Pecahan keramik /kaca yang kebetulan nempel diaspal ini menimbulkan motif- motif pecahan yang tak beraturan.

“ Saya berfikir, jika ini diaplikasikan ke suatu benda tentu akan unik hasilnya, yang terbersit dalam benak saya saat itu adalah keben. Karena kebetulan juga pada saat itu saya melihat seorang perempuan menjunjung keben mau maturan,” kenang I Wayan Indra.

Dari kebetulan itulah, kini produk keben kerak telur sudah menjelajah hampir seluruh wilayah Bali. Untuk melindungi hasil produksinya itu, melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar ia telah mendapatkan hak cipta dari Menteri Hukum dan Ham RI berdasarkan Undang-undang nomer 28tahun 2014 tentang hak cipta. Dengan jenis ciptaan seni motif dan judul ciptaan Ukir Telur Granis Gianyar.

Selain kerajinan keben kerak telur di desa Tulikip, pembinaan juga diberikan pada pengerajin tenun ikat di Desa Bakbakan Gianyar, pengerajin dulang gipsun di Br. Bresela Desa Bresela Payangan dan di pengerajin perak di Br. Delod Sema Desa Taro tegallalang. (Humas Gianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .