03 August 2010

Odalan di Pura Puseh Gianyar

Hanya  dengan mengeluarkan urunan sebesar Rp. 10.000 per KK, Desa Pakraman Gianyar telah bisa melaksanakan Piodalan di Pura Puseh, yang berlokasi  di sebelah utara Lapangan Astina Gianyar. Jumlah iuran ini tergolong  sangat kecil, dimana untuk sekali piodalan biasanya  masyarakat di tempat lain bisa dikenakan iuran berkisar antara Rp.  75.000 hingga Rp. 200.000. “Dalam pelaksanaan  piodalan kali ini yang dilakasanakan oleh Br. Sengguan Kawan dan Banjar  Sangging setiap warga hanya dikenakan iuaran Rp 10.000”, Ungkap Bendesa  Pakraman Gianyar, Dewa Made Griya saat ditemuai pada prosesi ngayarin serangkian piodalan di Pura Puseh Gianyar (2/8).

Bendesa  Adat Gianyar, Dewa Made Griya mengatakan bahwa selama ini berkat adanya kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Gianyar dengan Desa Adat Gianyar  perihal pengelolaan Parkir di Kota Gianyar, Pasar Gianyar, dan Senggol  telah memberikan manfaat yang sangat besar kepada masyarakat di Desa  Pakraman Gianyar.  Terutama dalam hal pendanaan setiap pelaksanaan  kegiatan Adat dan Upacara. Bahkan pembangunan yang telah dan akan  dilaksanakan di Pura Puseh Gianyar ini, sebagian dananya berasal dari  pembagian keuntungan pengelolaan Parkir, Pasar, dan Sengol antara  Pemerintah Kabupaten dengan Desa Pakraman Gianyar, tambah Dewa Made  Griya.

Sementara itu, Sekretaris Bendesa Adat  Gianyar, Dewa Nyoman Agung menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Odalan  di Pura Puseh Gianyar kali ini menelan dana sebesar Rp 70 Juta. Dana ini  berasal dari iuran 1.831 KK warga Desa Pakraman Gianyar dan sumbangan  lainnya dari pihak  donatur, tambah Dewa Nyoman Agung.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .