13 August 2016

YKI Cabang Gianyar Gelar Pemeriksaan IVA Sebulan Penuh di Puskesmas 1 Sukawati

Menyambut HUT Ke- 71 RI, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Gianyar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar mengadakan kegiatan penepisan dan pengobatan pra kanker serviks di Puskesmas I Sukawati, (11/8). Program ini telah berjalan sejak Bulan Januari yang diselenggarakan seminggu sekali. Namun khusus di bulan kemerdekaan ini, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari.

Warga masyarakat di Sukawati khususnya dikalangan perempuan memanfaatkan kesempatan emas ini. Apalagi, hadir sebagai dokter konsultan adalah dokter kandungan langsung, yakni dr. A.A.G Raka Budayasa, S.PoG. Warga yang datang melakukan screening IVA, dapat berkonsultasi langsung mengenai keluhan yang mereka rasakan. Seperti yang dikatakan Ni Made Rai Yuli Namiasih, asal Ketewel Sukawati, setelah menjalani IVA dirinya dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan, bagaimana ciri-ciri awal penyakit kanker. Apa yang perlu diwaspadai dan bagaimana mengantisipasinya sejak dini.

“Sosialisasi kanker serviks sudah sering saya ikuti, namun dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan rasanya lebih mantap,” ujar Made Rai senang.

Sementara itu dr. Budaya S.PoG mengatakan dirinya bersama dengan YKI Cabang Gianyar sudah sering melakukan IVA di berbagai lokasi di kabupaten Gianyar. acara ini merupakan program rutin penepisan dan pengobatan untuk penyakit pra kanker leher rahim dengan metoda IVA.

“Program IVA ini sudah ditetapkan secara nasional sebagai screening kanker leher rahim di Indonesia,” jelas dr. Budayasa.

Khusus untuk pemeriksaan saat itu, lebih dari 20 orang  yang datang screening hanya satu yang terbukti positif saat dilakukan pemeriksaan. Ini membuktikan bahwa tingkat kesadaran kaum perempuan tentang kanker serviks sudah cukup tinggi. bagaimana mereka menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim mereka. Untuk yang terindikasi positif, pihaknya sudah melakukan tindakan cryo therapy atau terapi beku untul mematikan sel-sel yang berbahaya.

Sementara itu, Ketua YKI cabang Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat dihubungi terpisah mengatakan, YKI bersama dengan dinas/instansi terkait rutin mengadakan pemeriksaan IVA di masyarakat. Pihaknya akan terus berupaya menggugah kesadaran kaum perempuan untuk secara dini memeriksakan diri ke puskesmas. Kanker serviks memang mematikan, namun penyakit itu bisa dicegah dengan kemauan dari kita untuk memeriksakan diri sejak dini. (HumasGianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .