09 March 2011

YKI Cabang Gianyar bersaing dengan 51 Kabupaten

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gianyar, dinilai YKI Pusat dalam Lomba YKI Cabang Terbaik Tingkat Nasional di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar (09/03).

Menurut Wakil Ketua Bidang Organisasi YKI Pusat, Ny. Widodo AS, yang didampingi dr. Rebecca, Lomba tersebut diadakan dalam rangka memperingati HUT YKI ke-34. Dalam lomba ini YKI Pusat menilai 51 YKI Cabang se-Indonesia dan Kabupaten Gianyar merupakan salah satu nominator. Penilaian lomba difokuskan pada administratif berdasarkan kegiatan yang dilakukan.

Lebih lanjut, melihat hasil laporan, verifikasi data dan wawancara dengan pihak YKI Cabang Gianyar, dapat dinilai bahwa selama ini kegiatan YKI Cabang Gianyar didukung penuh oleh Pemkab. Gianyar. Selain itu, masyarakat Gianyar juga sudah mengetahui dan menyadari keberadaan serta eksistensi YKI Cabang Gianyar, sehingga diharapkan penyakit kanker khususnya di kabupaten Gianyar dapat dengan mudah dicegah.

Dalam wawancara dengan pihak YKI Pusat, Sekretaris YKI Cabang Gianyar, dr. Luh Putu Menon Partini, menjelaskan bahwa YKI Cabang Gianyar telah memberikan pelatihan kanker, seperti Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) kepada 58 dokter, 141 bidan, 123 perawat dan 28 koordinator lapangan, yang tersebar diseluruh kecamatan se-Kabupaten Gianyar. Penyuluhan tentang kanker juga telah diberikan kepada 10.468 masyarakat Gianyar.

Lebih lanjut, menurut data tahun 2007-2010, YKI Cabang Gianyar melakukan IVA kepada 4813 orang, dan dari pemeriksaan tersebut terdeteksi positif sebanyak 267 orang. Ke 267 orang tersebut telah diberikan tindakan Cryo (melumerkan sel tumor dengan cara mendinginkannya).

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua YKI Cabang Gianyar, Ny. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, menuturkan bahwa target Bali tahun 2015 bebas dari Kanker serviks, dalam pencapaian target tersebut YKI Cabang Gianyar dan pemerintah beserta masyarakat betul-betul memperhatikan kesehatan perempuan, khususnya kesehatan reproduksi dan perilaku hidup sehat. Tindakan nyata yang dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan pap smear dan IVA gratis, penyuluhan tentang bahaya kanker sedini mungkin kepada siswa SD, SMP, SMA dan masyarakat umum serta memberikan pelatihan kepada para petugas kesehatan.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .