24 August 2015

Wujudkan Kota Bunga, Gianyar Tanam Seribu Pucuk

Wujudkan Kota Bunga, Kabupaten Gianyar tanam seribu (1.000) bibit bunga Pucuk, hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra, seusai penanaman serentak bunga Pucuk di seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Gianyar, di Gianyar, (21/8).

Ida Bagus Gaga Adi Saputra menambahkan penanaman 1.000 bibit bunga Pucuk ini merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap ketersediaan ruang terbuka hijau di Gianyar. Meningkatnya polusi udara dan semakin menyempitnya ruang terbuka hijau membuat oksigen semakin berkurang, sehingga hal tersebut akan berdampak pada kesehatan masyarakat. Penanaman 1.000 bibit Pucuk ini diharapkan bisa sebagai penghasil oksigen. “Disamping itu, bunga Pucuk dan Jepun sering dipergunakan masyarakat Bali dalam berbagai kegiatan ritual agama Hindu”, imbuh Gus Gaga.

Bunga Pucuk merupakan ikon Kabupaten Gianyar, sehingga bunga ini layak terdapat di pelosok Gianyar.  Aksi penanaman bibit bunga Pucuk dilaksanakan di seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Gianyar. Kedepan setiap instansi, pura, dan telajakan rumah, pinggir jalan di sepanjang Gianyar agar di tanami bunga Pucuk. Sehingga Gianyar bisa menjadi Kota Bunga. Penanaman Pucuk juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga ekosistem, dan implementasi pelaksanaan konsep Tri Hita Karana. “Kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga ruang terbuka hijau semakin bertambah, dan lahan kosong dimamfaatkan sebagai penghijauan,” terangnya. 

Senada yang diungkapkan Perbekel Pejeng Kangin, I Gede Purnadi Yoga kalau program Kota Bunga Pemkab. Gianyar sangat bagus. Masyarakat sangat senang dalam melaksanakan kegiatan ini. Terbukti dengan banyaknya partisifasi masyarakat di dalam kegiatan. Pihaknya berharap kegiatan penanaman pohon dan kebersihan setiap Jumat selalu dilaksanakan keliling desa. “Kami berharap kegiatan seperti ini dilaksanakan secara rutin, sehingga kegiatan bisa dinikmati masyarakat,” terangnya.

Program Kota Bunga ini disambut baik jajaran warga di desa. Seperti di wilayah Desa Pejeng Kangin, kecamatan Tampaksiring sebagai Desa Binaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Gianyar sudah menyiapkan lahan. Dan berharap kegiatan ini dilakukan setiap bulan. “Kami sangat berterima kasih dengan kegiatan ini, kami juga sudah mohon bantuan bibit bunga ke DKP dan berbagai pihak guna mengisi dan membuka ruang hijau di wilayah Pejeng Kangin,” terangnya. (Humas Gianyar/suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .