02 October 2014

Wujudkan Gianyar Hebat, BPMD Menggelar Pelatihan

Untuk lebih memantapkan Program Pembangunan Siaga Desa Swatantra yang telah berjalan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Gianyar menggelar pelatihan terhadap 260 perangkat desa se-Kabupaten Gianyar (Perbekel, Lurah, BPD, LPM, dan Pelaku PNPM) di Ruang Sidang I Bupati Gianyar, (2/10).

Kepala BPMD Kabupaten Gianyar I Made Watha mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangun sinergitas antar perangkat desa secara padu mensukseskan program Desa Swatantra Kabupaten Gianyar. Begitu juga sebagai ruang evaluasi dan ajang titik temu bilamana terdapat permasalahan teknis dalam pelaksanaan program tersebut.

Tema yang diambil dalam kegiatan tersebut yakni “Pelatihan Cluster Perbekel, BPD, LPM melalui Program Desa siaga Swatantra. Kita Wujudkan Gerakan Desa Membangun Menuju Desa Hebat, Gianyar Hebat”. “Sejalan dengan mensukseskan program Gianyar BAGUS, dirasa sangat perlu adanya pelatihan untuk penguatan kelembagaan yang ada di Desa .”ujar Watha.

Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata menyampaikan rasa antusiasnya terhadap pelaksanaan pelatihan tersebut. Menurutnya, perangkat desa memiliki arti penting sebagai unit terdepan dalam pembangunan desa. Bupati meminta agar perangkat desa semakin mengoptimalkan pelayanan publik terhadap masyarakat.

Diakuinya, upaya pembangunan desa kini mendapat tantangan yang berat. Diantaranya masih lambatnya upaya menurunkan angka kemiskinan, sektor pembangunan infrastuktur belum optimal. Maka dari itu, Bupati mengharapkan para perangkat desa memiliki  kesigapan dan kecepatan dalam menanggulanginya.

Selain itu, peran masyarakat sama pentingnya sebagai subjek pembangunan daerah. Bupati meminta agar perangkat desa mampu melebur dengan masyarakat di desa. Hal tersebut sangat penting, guna mendapat empati dan dukungan dalam menyelaraskan pembangunan.

”Disini pentingnya keteraturan dalam menjalankan setiap tugas yang diemban. Jangan takut dengan pekerjaan yang berat. Sebab, niat yang baik, pasti akan ada jalan yang baik pula. Dalam hal ini, dedikasi dan keseriusan adalah hal utama bagi seluruh perangkat desa, sebagai upaya mewujudkan pembangunan desa secara mandiri.”kata A. A. Bharata.

Dalam kesempatan tersebut, untuk lebih memotivasi kegiatan Program Desa Swatantra, Bupati akan memberikan hadiah terhadap pelaksana terbaik.

Sebagaimana diketahui, pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari. Menghadirkan narasumber dari SKPD terkait. Bappeda tentang peran, tugas dan peran perangkat desa. Dinas PU tentang perencanaan dan pengendalian teknis. Inspektorat tentang mekanisme pengendalian dan pengawasan pembangunan Siaga Desa Swatantra. KPP Pratama tentang mekanisme pembayaran pajak pekerjaan yang diswakelola oleh masyarakat.Bagian Keuangan tentang mekanisme pencairan dan kelengkapan administrasi. Paskab PNPM tentang pendampingan dan focus group discussion (FGD). (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .