16 September 2014

Workshop Pelayanan Publik Menuju Pelayan Prima

Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari Kepala SKPD, pejabat yang membidangi pelayanan dan perwakilan LSM di Kabupaten Gianyar mengikuti workshop Pelayanan Publik di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar,  (15/9). Materi workshop diberikan langsung oleh Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI, Mirawati Sudjono,AK, M.Sc, CFr.A,CA.

Dengan terbitnya UU. No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, diharapkan ada kepastian hukum dalam hubungan antara masyarakat dan penyelenggara dalam hal pelayanan public, sehingga ada batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban dan wewenang seluruh pihak terkait dengan penyelenggara pelayanan publik. Undang-undang ini juga memiliki tujuan terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak  sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Serta adanya perlindungan dan keastianhukum bagi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Menurut  Deputi Pelayanan Publik PANRB, Mirawati, ada 3 masalah besar yang dihadapi di Indonesia yang berkaitan dengan pelayanan publik yaitu birokrasi, korupsi dan masalah infrastruktur. Dalam bidang birokrasi pemerintah belum mampu memberikn pelayanan prima pada masyarakat mauun investor. Masih banyaknya terdapat penyelewengan dan penyalahgunaan keuangan hingga masalah SDM yang belum profesional. “ Lewat workshop inilah saya harap para penyelenggara pelayanan publik dapat mengerti apa dan bagaimana pelayanan publik yang prima,” jelas Mirawati.

Pada kesempatan itu, Mirawati juga mengucapkan selamat pada Pemkab. Gianyar karena telah masuk Top 33 dalam lomba Sinovik 2014. Lomba tentang pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara RI, dimana dalam kesempatan itu Pemkab. Gianyar diwakili oleh Puskesmas Ubud 2 Kecamatan Ubud. Dengan masuk Top 33 seluruh Indonesia ini, Pemkab. Gianyar sudah mampu memberikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata, menyambut baik terselenggaranya workshop elayanan publik ini. karena selama ini Pemkab. Gianyar telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat. Peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik musti dimulai dari level penyeenggara pelayanan publik paling atas sampai terbawah, hingga dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. “ Dengan komitmen ini saya yakin tata kelola pemerintahan yang baik akan dapat diwujudkan di Kabupaten Gianyar,” tegas Bupati Agung Bharata.

Sementara itu Ketua Panita, Kabag. Organisasi dan Tata Laksana Setda Kabupaten Gianyar A.A Mas Bagiawati mengatakan, selain workshop pelayanan publik, pada hari Selasa 16 September 2014 juga diadakan bintek yang diikuti khusus oleh unit-unit layanan publik dan SKPD terkait. Materi akan diberikan oleh Tim dari Deputi PANRB RI. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .