27 February 2018

Wakil Bupati Kepulauan Anambas Kunjungi Rumah Kompos Desa Padang Tegal

Penjabat Bupati Kabupaten Gianyar, Ketut Rochineng didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, Wayan Kujus Pawitra menerima kunjungan kerja Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau, Wan Zuhendra beserta rombongan, di Ruang Rapat Bupati Gianyar, (26/2).

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Gianyar didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman. Adapun tujuan dari kunjungan kerja ini untuk mengetahui sistem tata kelola sampah yang diterapkan di Kabupaten Gianyar.

Dalam kunjungannya, Wan Zuhendra beserta rombongan meninjau langsung tata cara pengelolaan sampah yang dilakukan kabupaten Gianyar khususnya Desa Padang Tegal di Rumah Kompos Desa Padang tegal. Rombongan yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, Wayan Kujus Pawitra diperkenalkan metoda penyaringan sampah yang dilakukan desa untuk mengurangi jumlah sampah mengalir ke pantai melalui sungai.

Kujus Pawitra menjelaskan bahwa sampah yang banyak terdapat dipantai bukan hanya disebabkan oleh air pasang atau sampah yang memang bersumber dari kunjungan namun kebanyakan sampah datangnya dari hulu dan berkumpul di hilir (Pantai).

Lebih lanjut Kujus Pawitra menjelaskan kedepannya arah mengenai pengelolaan sampah yaitu pengelolaan terpadu mandiri pedesaan menjadi trend, karena pada dasarnya sampah merupakan permasalahan yang sulit namun jika sampah dikelola dengan baik akan menjadi sumber pendapatan. Tahun sebelumnya pemerintah kabupaten Gianyar sudah memberikan armada truck kepada beberapa  desa pakraman yang ada di Kabupaten Gianyar. Tujuannya yaitu mencontoh pola penanganan sampah seperti Desa Padang Tegal secara bertahap berkelanjutan namun pasti arah.

“Kedepannya pengelolaan sampah terpadu mandiri harus kita bangun untuk mengurangi sampah yang tidak terurus mulai ditingkat desa. Karena pananganan sampah harus ditangani bersama pemerintah swasta dan masyarakat” ujarnya.

Kujus Pawitra menambahkan bahwa penanganan sampah akan lebih baik jika dilakukan ditingkat desa daripada dilakukan ditingkat kabupaten. Penanganan sampah harus dilakukan dengan sistem jemput bola artinya menangani masalah dengan mencari sumber masalahnya, misalnya dari rumah tangga sampah harus dipisahkan antara sampah organic dan non organic agar petugas mudah mengangkutnya dan sampah organic dapat diolah menjadi kompos yang diharapkan kedepannya dapat membantu petani. Mengakhiri kunjungan, rombongan Wakil Bupati Kepulauan Anambas berkesempatan mengunjungi TPA Temesi. (HumasGianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .