25 April 2017

Wabup Mahayastra Buka Porsenijar Kabupaten Gianyar 2017

Pekan Olah Raga dan Seni Pelajar (Porsenijar) merupakan ajang pembinaan prestasi olahraga dan seni sekaligus merupakan gambaran hasil pembinaan oleh tiap – tiap sekolah. Kegiatan ini juga merupakan evaluasi pembinaan kegiatan olahraga dan seni antar perlajar disamping untuk meningkatkan jenjang prestasi yang lebih tinggi. Demikian disampaikan Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra saat membuka Pekan Olah Raga dan Seni Pelajar (Porsenijar) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, (25/4).

Mahayastra menambahkan, Porsenijar adalah sarana tepat dalam target membangun karakter pelajar dan pemuda untuk menjadi sosok pekerja keras, pantang menyerah, jujur dan memiliki jiwa sportif. Bukan semata – mata mengutamakan perolehan medali, namun harus membangun karakter pelajar.

“Saya harap, Porsenijar memberi wadah selebar – lebarnya bagi para atlet, untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya. Sekaligus penjaringan atlet berprestasi untuk dipersiapkan ke Porjar tingkat Provinsi,” tegas Mahayastra.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar, Drs. I Made Suradnya, M.Si mengatakan, tujuan kegiatan Porsenijar ini adalah mengadakan evaluasi kegiatan olahraga dan seni pelajar dalam rangka meningkatkan prestasi di sekolah. Memberikan kesempatan kepada olahragawan/olahragawati dan seniman/seniwati pelajar untuk berpacu dalam prestasi pada arena Porsenijar. Selain itu, juga untuk menjaring atlet berprestasi di cabang olahraga dan seni yang akan dipersiapkan ke tingkat provinsi. Kegiatan yang dilkasanakan selama 5 (lima) hari tersebut mengambil tema “Melalui Porsenijar Kabupaten Gianyar Tahun 2017 Kita Satukan Tekad Wujudkan Prestasi Puncak menuju Gianyar Bagus”.

Suradnya menambahkan, Porsenijar Kabupaten Gianyar Tahun 2017 mempertandingkan 16 cabang olahraga dan 5 bidang seni. Cabang olahraga meliputi, Atletik, Bola Voli, Basket, Catur, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Renang, Sepakbola, Bulu Tangkis, Sepak Takraw, Judo, Pencak Silat, Taekwondo, Karate, Criket dan Tarung  Derjat. Sedangkan Bidang Seni meliputi, Seni Tari, Seni Lukis, menyalin huruf latin ke aksara Bali, mesatwa, mepidarta, darmawecana, macepat, mekidung dan mekekawin.

“Kegiatan dilaksanakan selama lima hari  mulai 25 s/d 29 April 2017 di Stadion Kapten I Wayan Dipta dan beberapa lapangan lain yang tersebar di Kabupaten Gianyar,” imbuh Suradnya.

Pada Porsenijar Kabupaten Gianyar  Tahun 2016 lalu, untuk cabang olahraga tingkat Sekolah Dasar, Juara Umum I di raih oleh Kecamatan Gianyar dengan perolehan medali, 24 emas, 24 perak dan 28 perunggu. Disusul diposisi ke dua, Kecamatan Sukawati dengan 23 emas, 15 perak dan 20 perunggu. Sedang di posisi tiga, Kecamatan Ubud dengan 12 emas, 13 perak dan 20 perunggu. Juara Umum I Tingkat SMP yakni SMP Negeri 1 Gianyar dengan 13 emas, 13 perak dan 23 perunggu. Di posisi ke dua, SMP Negeri 1 Sukawati dengan 11 emas, 12 perak dan 14 perunggu. Sementara di posisi ke tiga ditempati SMP Negeri 3 Gianyar dengan 11 emas, 7 perak dan 9 perunggu. Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK, Juara Umum I diraih oleh SMA Negeri 1 Ubud dengan 24 emas, 14 perak dan 15 perunggu. Disusul posisi ke dua, SMA Negeri 1 Sukawati dengan 16 emas, 13 perak dan 14 perunggu. Diposisi ke tiga, SMA Negeri 1 Gianyar dengan 14 emas, 5 perak dan 25 perunggu.

Sementara untuk Bidang Seni untuk Tingkat SD, Juara Umum I diraih Kecamatan Sukawati (4 emas, 2 perak, 2 perunggu), disusul posisi dua dan tiga, Kecamatan Ubud (2 emas, 3 perak, 5 perunggu) dan Tegallalang (2 emas, 2 perak). Tingkat SMP, Juara Umum I diraih SMP Negeri 1 Sukawati (3 emas, 2 perak, 1 perunggu), disusul posisi dua dan tiga yakni SMP Negeri 1 Ubud (2 emas, 1 perak, 1 perunggu) dan SMP Negeri 2 Sukawati (2 emas, 2 perunggu). Sedang tingkat SMA/SMK, Juara Umum I diraih SMA Negeri 1 Gianyar (3 emas, 3 perak, 1 perunggu), diposisi kedua SMA Negeri 1 Sukawati (2 emas, 2 perak, 2 perunggu) dan posisi ketiga SMK Negeri 3 Sukawati (1 emas, 2 perak, 2 perunggu). (HumasGianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .