01 May 2010

Wabup Dewa Made Sutanaya Sukseskan PSN Di Desa Guwang

Program Gertak dan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk )  yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Kabupaten Kota di Bali  Jumat 29/4  merupakan langkah tepat dan nyata dilaksanakan oleh Pemerintah dalam upaya menjaga kesehatan lingkungan masyarakat. Dimana dalam musim penghujan belakangan ini, banyak muncul sampah-sampah yang belum sempat dibersihkan masyarakat  masih tertimbun, kurang enak dipandang mata. Terlebih masih ada ditemukan dipekarangan warga air yang tergenang,  dan beberapa buah  bekas kantong plastic berisi air, akan berdampak bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Sehubungan hal itu, Pemkab Gianyar besama seluruh SKPD  mengadakan kerja bakti sosial  usai melaksanakan olahraga Jumat mengunjungi Desa Guwang Kecamatan Sukawati Gianyar.  Sebelum dilaksanakan Gertak  berkaitan dengan PSN Wabup Gianyar Dewa Made Sutanaya bertatap muka dengan Masyarakat  Guwang di Balai Wantilan Desa Guwang, Didampingi Camat Sukawati  Ida Bgs Suamba dan Perbekel Guwang Ir. Anak Agung  Gde Oka Putra.

Wabup Dewa Made Sutanaya SH. berharap  Gertak ( Gerakan Serentak ) serta   PSN    ( Pemberantasan Sarang Nyamuk)  bertujuan untuk mencegah dan menjaga kesehatan  lingkungan masyarakat dalam upaya menciptakan kualitas kesehatan masyarakat. ”Menjaga kesehatan lingkungan adalah tugas kita bersama. Untuk menjaga kita harus memahami serta mengerti akan arti Kesehatan, tanpa mau mengerti dan memahami tidak mungkin proses menjaga kebersihatan kesehatan lingkungan dapat terwujud,” ujar Wabup Dewa Made Sutanaya  ketika berdialog dengan masyarakat  Sakih Guwang.  Lebih jauh pria asal Sengguan Kangin ini juga mengajak bersama masyarakat untuk 3 M Plus, menguras, menutup dan Mengubur serta mengoptimalkan peran serta Toma, Kader Jumantik dalam melanjutkan PSN untuk berkesinambungan di wilayah masing-masing disamping melakukan promosi kesehatan tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit DBD  oleh seluruh tenaga Pokjanal Kecamatan dan Pokja Desa yang mana di desa diketuai oleh  Perbekel..

Sedangkan dr. Ida Komang Upeksa M.Kes sebagai  koordinator dalam kegiatan Gertak dan PSN di Desa Guwang mengatakan Gerakan Serentak  Pemberantasan Sarang Nyamuk yang dicanangkan pemerintah pusat  secara serentak di kabupaten kota di Bali merupkan langkah nyata dalam program kerja kesehatan untuk mencegah dan menjaga kesehatan lingkungan. Hal ini menurut Upeksa akan dapat berjalan dengan baik bila adanya kesadaran tinggi dari masyarakat di sekitarnya untuk mencegah terjadinya ganguan Kesehatan yang tidak diinginkan, terlebih dengan membiasakan hidup sehat bersih dan disiplin tentang arti kesehatan serangan penyakit akan menjauh. ”Gertak ini sangat tepat dalam penyukseskan program PSN di Kabupaten Gianyar, terlebih dalam pembagian tugas dan kewenangan sesuai arahan Bapak Bupati dan Wabup, apa yang dilaksnakan Dinas Kesehatan Gianyar selalu minta petunjuk agar tidak tumpang tindih, terlebih program ini masuk dalam 7 program unggulan Pemkab Gianyar,” tegas dr. Upeksha mantan Kepala Puskesmas Sukawatri ini Polos.

Gerakan Serentak dan PSN dilaksanakan di Desa Guwang Sukawati Menurut  Ida Komang Upeksha  lantaran desa yang memiliki sentra kerajinan Indiustri  ukiran itu dinilai  berhasil dalam Gerakan Serentak dan PSN  di Kecamatan Sukawati disamping pemahaman dan kesadaran masyarakat sangat tinggi tentang makna dan arti kesehatan lingkungan. ”Selain pengertian masyarakat  yang sangat antusias menyambut Gertak dan PSN,   juga didasari Desa Guwang merupakan juara II Propinsi dalam hal PSN. Serta Desa Guwang  sebagai  Juara III Propinsi Bali sebagai desa pemberantas   terbaik.

Dengan dicanangkannya Gertak Dan PSN ini, masing –masing SKPD telah dibagi menjadi 7  untuk menyasar  perkampungan penduduk.  Seperti yang dilaksanakan oleh Kabag Humas dan Protokol  Owen Here Besiee dengan Kabag Keuangan Wayan Ardana serta Ka.BKD Made Merta Adiatmadja mengunjungi banjar Tatag, kerumah Wiranata, Sunarya, dan Rumah Wayan Pica. Disana Pejabat SKPD itu, berdialoag dipemukiman Rumah  penduduk  tentang tata cara mereka menguras, Menututp, dan Mengubur plus  membersihkan tempat-tempat perindukan lainya.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .