26 March 2014

Wabub Mahayastra Tinjau Operasi Katarak

Wabup Gianyar Made Mahayastra pantau warga Melinggih ikuti operasi katarak di Wantilan Banjar/Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar, (24/3).

Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengatakan kegiatan sosial pemeriksaan mata, pengobatan mata, pemberian kacamata dan operasi katarak gratis yang dilaksanakan rutin atas kerjasama Pemkab. Gianyar, Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI), dan Karang Taruna Kabupaten Gianyar selalu disambut antusias warga. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Melinggih melayani lebih dari 500 orang, dan 15 orang diantaranya dioperasi katarak ditempat. Operasi dilaksanakan di dalam Bus Klinik Mata Keliling yang selalu dibawa YKI. Semenjak pukul 08:00 hingga 14:00Wita Balai Banjar Melinggih sesak dengan warga yang ingin memeriksakan mata. Warga sangat antusias mengikuti memeriksakan kesehatan mata, pembagian kacamata, dan operasi katarak gratis.

Senada yang diungkapkan koordinator YKI, I Nyoman Wardhana warga memang masih sangat mengharapkan bantuan YKI, terutama warga yang berada di daerah pedesaan. Warga masih enggan melakukan pengobatan mata ke Puskesmas, atau rumah sakit terdekat. Jika dilayani langsung ke lapangan, warga akan sangat antusias menyambutnya. YKI sepanjang 2013 telah melakukan operasi katarak sebanyak 2.207 orang di seluruh Indonesia dan 975 orang di Bali. Sedangkan pada 2014, YKI di Bali menargetkan melayani 1.500 penderita katarak. “Sebelumnya kacamata yang dibagikan hanya bisa dipergunakan untuk membaca saja, karena lensa kaca mata yang dibagikan hanya lensa kaca mata plus atau lensa kacamata minus. Sedangkan sekarang penderita plus dan minus sudah bisa mendapatkan satu kaca mata yang terdiri dari lensa plus dan minus”, jelas Wardhana.

Tim YKI selalu mengajak 1 orang dokter spesialis mata, dan 15 paramedis. Tim tersebut sehari mampu melayani 500-700 warga yang memeriksakan mata dan mendapatkan pengobatan maupun kaca mata gratis. Sedangkan penderita katarak hanya mampu dilayani antara 15-20 orang. “Jika ada sakit mata yang tidak mampu dilayanai YKI, maka pasien akan dirujuk ke Rs terdekat”, terang Nyoman Wardhana.

Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra sangat mengapresiasi kinerja YKI, dan kerjasama seperti ini diharapkan berlanjut. Pihak Pemkab. Gianyar akan selalu mendukung kegiatan sosial tersebut. Kedepan Wakil Bupati Mahayastra mengaharapkan kesehatan masyarakat mulai meningkat, dan warga yang memiliki cacat mata semakin tahun semakin berkurang. Seharusnya YKI juga memberikan beberapa informasi tentang cara menghindari sakit mata agar bisa melaksanakan pencegahan lebih dini. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .