07 August 2014

Upaya Gianyar Menuju Kabupaten Layak Anak

Untuk mendukung Gianyar menuju  Kabupaten Layak Anak (KLA), seluruh Puskesmas secara bertahap berbenah diri. Salah satunya, Puskesmas Blahbatuh II yang sudah menerapkan puskesmas ramah anak, dengan memberikan pelayanan kepada anak secara ramah, lengkap dan terpadu.

Salah satu inovasi Puskesmas Blahbatuh II dalam kegiatan puskesmas ramah anak adalah menyediakan rumah ramah anak sejak Juli 2014 lalu. Di rumah anak ini disediakan fasilitas layanan kesehatan khusus untuk ibu dan anak, ada tempat khusus pemeriksaan anak, tersedianya taman gizi, tempat bermain, pojok asi, pojok oralit, tempat pelayanan korban kekerasan terhadap anak, tersedianya dokter anak dan konseling bagi anak serta tersedianya ruang tumbuh

Di rumah anak ini disediakan karpet dan alat permainan anak yang bisa digunakan anak-anak sambil menunggu giliran mendapatkan pelayanan. Rumah Anak ini juga ditata dengan poster dan pajangan yang  membuat anak-anak betah untuk bermain. Setelah selesai kegiatan pelayanan pojok ini akan dirapikan oleh staf Puskesmas.

“Pada dasarnya, untuk menjadikan puskesmas ramah anak itu harus ditunjang oleh dua hal, yaitu SDM serta sarana prasarana lengkap dan memadai untuk melayani anak,” ungkap Kepala UPT Kesmas Blahbatuh II Dr. Made Intan Ayu Rini, saat ditemui di ruang kerjanya, (6/8).

Dijelaskan, inovasi Rumah Ramah Anak ini,  akan membuat masyarakat merasa mendapatkan perhatian yang baik dan mendorong masyarakat membawa anaknya mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan demikian diharapkan, dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan menurunkan angka kesakitan dan angka kematian bayi, balita dan anak.

Dewa Ayu Tika, asal Desa Bedulu yang membawa anaknya berobat ke Puskesmas II, mengaku senang dengan adanya fasilitas rumah ramah anak. Pasalnya, anaknya yang sebelumnya tidak berani berobat kini tidak merasa takut lagi datang ke puskesmas karena tersedia beragam permainan yang membuatnya merasa nyaman.

“Selain ada permainan, kami juga bisa konsultasi masalah gizi dan tumbuh kembang anak kami di Rumah Ramah Anak ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, sejak beberapa tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Gianyar berjuang menuju  Kabupaten Layak Anak (KLA). Dalam Kabupaten Layak Anak ini, masyarakat dan pemerintah didorong untuk memenuhi seluruh hak anak, mulai dari hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. Semua pelayanan publik yang berkaitan dengan anak mesti memberikan pelayanan yang ramah anak, sehingga anak-anak yang menerima pelayanan tersebut merasa aman, nyaman dan gembira. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .