25 September 2015

UNHI Gelar Utsawa Bali Sani di Pejeng

Pentingnya keberadaan air bagi umat manusia menjadi perhatian penting Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, hal tersebut diungkapkan Rektor UNHI Denpasar, Ida Bagus Dharmika dalam Pembukaan Parade Seni Utsawa Bali Sani VI, di depan Pura Penataran Sasih, Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, (23/9).

Lebih lanjut, Ida Bagus Dharmika mengatakan antusiasme warga sangat tinggi dalam menyaksikan pawai budaya ini. Warga sudah memadati areal jalan disepanjang pelaksanaan pawai sebelum acara dibuka, mereka rela berjemur lantaran suasana masih panas. Utsawa Bali Sani VI sengaja mengambil tema Tirta Amertham Utamam yang intinya mengutamakan air sebagai sumber kehidupan. Karena selama ini kehidupan masyarakat Bali dan khususnya Pejeng tergantung dari keberadaan air. UNHI juga menggali serta berusaha melestarikan budaya di sekitar Pejeng, sebelumnya banyak mahasiswa UNHI yang melaksanakan KKN di daerah Kecamatan Tampaksiring termasuk Pejeng. “Pelaksanaan Utsawa Bali Sani juga dipergunakan momentum penutupan mahasiswa KKN di Kecamatan Tampaksiring,” imbuhnya.

Pagelaran pawai pembukaan Utsawa Bali Sani VII di Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring merupakan upaya pengenalan daerah suci dan keberadaan candi Patirtan di sekitar Tampaksiring. Pelaksanaan Utsawa Bali Sani merupakan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi memiliki hubungan erat sehingga bisa dipahami proses imajinasi  yang kreatif. Hal tersebut bisa dijadikan acuan dan proses pembelajaran mahasiswa. Parade budaya dimulai dari depan Pura Penataran Sasih dan berakhir di depan Puri Pejeng yang jaraknya sekitar 1 km. ratusan peserta menampilkan berbagai atraksi budaya asal desa se-kecamatan Tampaksiring. Parade tersebut juga merupakan hasil kegiatan KKN mahasiswa selama di Kecamatan Tampaksiring. Mahasiswa bekerjasama dengan warga desa tempat KKN membuat sebuah garapan tentang pentingnya air.  “Kami ucapkan terima kasih ke Bupati Gianyar beserta jajarannya, dan juga seluruh komponen masyarakat Tampksiring,” terangnya.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata yang diwakili Sekdis Disdikpora, Dewa Yadnya sangat mengapresiasi kegiatan KKN dan Utsawa Bali Sani yang dilaksanakan UNHI di Gianyar.  Kegiatan semacam ini bisa memperkuat Gianyar sebagai Kota Pusaka. Pemkab. Gianyar akan selalu mendukung segala kegiatan seperti ini, apalagi Gianyar dikenal  sebagai kota budaya. Bupati berharap semoga kegiatan seperti ini bisa bermamfaat bagi Gianyar dan juga mahasiswa. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .