25 July 2014

Tumbuhkan Kesadaran Lingkungan Hidup Sejak Dini

Kesadaran akan lingkungan hidup tidak bisa diterapkan dalam jangka waktu pendek, Namun harus melalui proses panjang sehingga penyadaran terhadap lingkungan hidup ini harus dimiliki dan ditanamkan sejak dini. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar Anak Agung Dalem Jagadhita, Saat Kementrian Lingkungan Hidup memberikan pendidikan edukasi lingkungan hidup di SDN 2 Gianyar, (25/7).

Lebih lanjut Agung Dalem Jagadhita mengatakan kegiatan memberikan pendidikan Edukasi Lingkungan Hidup sejak dini sudah dilakukan Kabupaten Gianyar sejak tahun 2010. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun karena dianggap memiliki peran yang cukup signifikan dalam membentuk karakter anak. Ditegaskan pula “menanamkan kesadaran untuk mencintai lingkungan hidup perlu diperkenalkan kepada anak anak sejak usia dini sehingga mereka meyadari pentingnya arti kelestarian alam dan lingkungan hidup. Hal ini juga termasuk kegiatan upaya Kabupaten Gianyar dalam menciptakan Kota Layak Ayak. Dimana anak anak bisa menikmati lingkungan yang sehat dan kelestarian alam.  

Sementara Kepala Bidang Inventarisasi dan Pengembangan Sistem Informasi Lingkungan Hidup untuk wilayah Bali, NTB dan NTT, Ir. Anak Agung Gde Putra, Msi mengatakan sebanyak 50 siswa dilibatkan dalam kegiatan ini yang berasal dari kelas V dan VI SDN 2 Gianyar. Dipilihnya SDN 2 Gianyar melihat sekolah yang berlokasi di Tegal Tugu Gianyar tersebut telah ditetapkan sebagai Sekolah Layak Anak, dan SDN 2 Gianyar tahun ini juga mewakili Kabupaten menghadapi lomba Adiwiyata Mandala di tingkat Propinsi. Ada beberapa materi yang diberikan meliputi ceramah tentang lingkungan hidup, mengajak anak anak turun langsung kelapangan untuk melihat, mencatat, mengobservasi tentang floura dan founa dan mengajarkan anak anak untuk menceritakan  dan mengapresiasikan apa yang ditemukan di lapangan. Agung Gde Putra berharap melalui kegiatan ini mampu memberikan pendidikan pemahaman kepada siswa tentang alam sekitar termasuk komponen dan fungsinya. (Humas Gianyar/netty)

 

 

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .