26 May 2014

TOGA Desa Singakerta Ubud Raih Pakarti Madya II

Kabupaten Gianyar kembali meraih prestasi nasional, dengan diraihnya penghargaan Pakarti Madya II, katagori Kabupaten Terbaik Pelaksana Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) tingkat Nasional.  TOGA Desa Singakerta Ubud, berhasil hingga ketingkat nasional berkat ketekunan warga di Singakerta memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman obat.

Penghargaan Pakarti Maya II diserahkan oleh Ketua TP PKK Pusat Ny. Gamawan Fauzi di Kantor Direktorat Jenderal Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Jakarta, (22/5). Menurut Ketua TP.PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat dihubungi seusai menerima penghargaan mengatakan, lomba ini terkait dengan Peringatan Bulan Bakti Gotong Masyarakat XI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 tahun 2014. 

Dijelaskan, Desa Singakerta terdiri dari 14 banjar dan masing-masing banjar memiliki 6 kelompok TOGA. Dari kelompok tersebut KK yang memanfaatkan hasil TOGA sebagai industri rumah tangga berkisar 26%- 50%. “Pada saat penilaian kita menetapkan satu rumah percontohan yaitu di Puri Damai di Br. Tunon dengan koleksi sekitar 582 jenis tanaman obat,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Keberhasilan para Kader TOGA di Desa Singakerta menghadapi lomba ini juga tidak bisa dilepaskan dari pembinaan yang secara intensi diberikan oleh TP.PKK Kabupaten maupun provinsi. Para kader diharuskan menguasai manfaat dari masing-masing tanaman. Jangan sampai kader tahu itu tanaman obat, tapi tidak tahun manfaatnya untuk jenis penyakit apa. Misalnya bunga pucuk bisa untuk mengobati penyakit diabetes, atau daun pandan bisa untuk mengobati penyakit asam urat. Karena pengetahuan para kader akan manfaat tanaman juga point terbesar pada saat penilaian. “ Untuk keragaman jenis tanaman, kami juga memberikan bantuan bibit tanaman pada setiap kelompok TOGA,” jelas Ketua PKK kabupaten Gianyar ini.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Karena Bulan Bakti Gotong Royong pada hakekatnya kegiatan yang menggalang partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan di desa.  Melalui peran TP PKK, Mendagri menaruh harapan besar agar berupaya memberdayakan keluarga secara optimal. Turut hadir menerima penghargaan itu Kader TOGA DEsa Singakerta Ubud, I.A Rusmarini, MP.  (Humas Gianyar/eni)

 

 

 

 

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .