16 June 2015

Tirta Empul Jadi Favorit Kunjungan Wisatawan

Obyek wisata Tirta Empul Tampaksiring masih menjadi favorit kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.  Sejak Januari hingga Mei 2015,  jumlah kunjungan wisatawan ke Tirta Empul  paling banyak  yakni 163.406, dibanding obyek wisata lainnya yang dikelola Pemkab Gianyar.  

Data yang dihimpun di Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, (16/6), rata-rata kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke obyek wisata Tirta Empul sebanyak 32.681 setiap bulannya.  Kondisi ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana Tirta Empul selalu jadi primadona kunjungan wisatawan. Selain memang berada pada jalur wisata ke Kintamani, Tirta Empul memang memiliki daya tarik tinggi dengan pancuran air suci dan istana Tampaksiring  yang berdekatan.

Obyek wisata Goa Gajah Bedulu  menduduki urutan kedua dalam jumlah kunjungan wisatawan dengan rata-rata 19.321 per bulan, diikuti Gunung Kawi Tampaksiring  9.381 per bulan. Kemudian Gunung Kawi Sebatu 1.781 per bulan, Yeh Pulu Bedulu 450 setiap bulannya. Sementara Stage Sidan dengan keindahan alamnya paling sedikit jumlah kunjungan yakni rata rata 22 setiap bulannya.

Terkait dengan sedikitnya kunjungan wisatawan ke Alam Sidan, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar  Ngakan Ketut Jati Ambarsika mengungkapkan, saat ini alam Sidan masih dalam tahap promosi, peningkatan kualitas obyek seperti perbaikan toilet dan kebersihan serta peningkatan pelayanan.

“Kami masih meracik bentuk promosi yang lebih efektif untuk peningkatan kunjungan wisatawan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, (16/6). Hal ini penting, mengingat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan perlu adanya daya tarik, salah satu yang sudah terwujud adalah wisata kuliner di Gianyar  timur dan dukungan wisata remaja Bukit Jati.

Diakui, dahulu Stage Sidan kerap digunakan untuk pertunjukan seni. Kini, upaya tersebut akan kembali dikaji dengan cara membangun destinasi baru yang dapat menarik minat wisatawan berkunjung dan memanfaatkan Stage Sidan.

Sementara di luar obyek wisata yang dikelola Pemkab. Gianyar, seperti museum lukisan, taman burung, rafting dan lainnya juga menjadi tujuan kunjungan wisatawan. Total kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara hingga Mei 2015 baik obyek wisata yang dikelola Pemkab. Gianyar maupun swasta  sebesar 361.630. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .