21 January 2015

Tingkatkan Produksi Padi, 3.500 Hektar Saluran Irigasi Diperbaiki

Menindaklanjuti intruksi Menteri Pertanian RI yang disampaikan langsung kepada Bupati, Dinas Pertanian dan TNI AD,  maka seluruh daerah di Indonesia secara serentak melakukan peletakan batu pertama pada Gerakan Perbaikan Irigasi. Di Kabupaten Gianyar, peletakan batu pertama dilaksanakan di Subak Delod, Desa Siangan, Gianyar, (20/1), oleh Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata didampingi Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra bersama TNI.

Sasaran dari perbaikan irigasi adalah peningkatan jumlah produksi padi dengan target perbaikan seluas 3.500 hektar pada 105 subak yang tersebar pada tujuh kecamatan di Kabupaten Gianyar. Total lahan pertanian di bumi seni ini seluas 14.706 hektar.  Dari  luas tersebut, sebelumnya sudah dilaksanakan perbaikan 10.000 hektar.

 “Dengan adanya Gerakan Perbaikan Irigasi, diharapkan produktivitas pertanian  dapat meningkat signifikan dimasa mendatang,” ujar Bupati Agung Bharata.

Dikatakan,  jaringan irigasi yang baik  dan memadai, sangat menentukan  ketersediaan air yang berdampak langsung terhadap kualitas dan kuantitas tanaman, khususnya tanaman padi. Bupati Agung Bharata  juga  memberikan  apresiasi kepada para petani yang telah berpartisipasi mewujudkan program pemerintah. Pemerintah daerah juga akan memaksimalkan perannya dalam membantu  para petani.

Kepala Dinas Pertanian, Perhutanan dan Perkebunan Kabupaten Gianyar  I Gusti Ayu Dewi Hariani menerangkan,  produksi padi pada tahun 2013 mencapai 40.000 to dan Gianyar telah mengalami surplus beras. Adanya Gerakan Perbaikan Irigasi diharapkan produksi padi meningkat  pada tahun 2015.

Mengingat masih besarnya potensi pertanian khususnya tanaman pangan di Kabupaten Gianyar, maka program dan kegiatan dengan sumber pendanaan dari pusat masih sangat dibutuhkan. Untuk itu diperlukan pengawalan dan pendampingan para stake holder terutama Tentara Nasional Indonesia (TNI) demi tercapainya target swasembada pangan Pajale (padi, jagung, kedelai) pada tahun 2018 mendatang, yang dicanangkan kabinet kerja Presiden Jokowi. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .