06 March 2015

Tingkatkan Peberdayaan Perempuan, Pemkab. Gianyar Gelar Pelatihan PPRG

Pemerintah Kabupaten Gianyar semakin serius terhadap komitmennya dalam mewujudkan Keadilan dan kesetaraan Gender (KKG). Sebagai bukti Keseriusan itu adalah  dengan masuknya program Responsif Gender dalam bagian dari visi dan misi Pemerintahan Kabupaten Gianyar. Hal tersebut diungkapkan Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Gianyar, I Wayan Sudamia saat membuka Pelatihan Penyusunan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di Ruang Diklat SKB, Sukawati Gianyar, (3/3).

Lebih lanjut Wayan Sudamia mengatakan Urusan pemberdayaan Perempuan (UPP) merupakan urusan wajib daerah yang harus dikerjakan oleh Pemerintah daerah melalui SKPDnya. Untuk itu perlu perencanaan yang baik dalam PPRG dengan upaya memasukkan atau mengintegrasikan kebiajakan gender kedalam program dan kegiatan pembangunan malai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan. Diharapkan melalui Pelatihan PPRG, tiap SKPD mampu membuat PPRG yang baik dan juga melaksanakannya secara maksimal sehingga KKG dapat terwujud.

Sekretaris Badan PP dan KB, A A Putra Astina menjelaskan pelatihan dilaksanakan dua hari dari tanggal 3 s/d 4 Maret dan diikuti 60 peserta yang terdiri dari 53 orang Tim Pocal Point (kasubag perencanaan/pemegan program perencanaan) masing-masing SKPD dan 7 orang dari kecamatan. Pelatihan diisi oleh empat narasumber diantaranya Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan Badan PP dan KB, Dra. Ni Made Agustiniwati dengan materi Kebijakan Pembanguan Badan PP dan KB Kab. Gianyar, Kabid Fisik Bappeda Kab. Gianyar,  I Gusti Ngurah Raka Ariana, S.Sos. M.T., dengan materi GAP (Gender Analisis Pathway) Alat Analisis untuk Perencanaan Pembangunan, Unsur BP3-A Provinsi Bali I Nyoman Suparwa dan unsur Badan Diklat Provinsi Bali, Anak Agung Rai Kartini dengan materi Teori dan Praktek: Analisis Gender untuk Perencanaan Pembangunan.

Lebih lanjut Gung Putra menjelaskan sebagai langkah awal tiap SKPD harus mampu mengidentifikasikan setiap program dan kegiatannya yang telah direncanakan agar kedepannya mampu memasukkan kegiatan dan program pembangunan inovatif untuk UPP sehingga PPRG bisa tercapai dengan maksimal. Rencananya PPRG akan mulai dimasukkan ke dalam anggara perubahan 2015, (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .