18 December 2015

Tinggkatkan Kinerja, Puluhan Kades Terima Sepeda Motor

Untuk mempercepat dan mempermudah kinerja perangkat desa dan lurah dalam pelayanan masyarakat, Pemkab. Gianyar menggelontor puluhan sepeda motor kepada kepala desa dan lurah. Bantuan diserahkan oleh Wakil Bupati Gianyar I Made Mahayastra di halaman Kantor Bupati Gianyar,  (17/12), yang diterima langsung para kades dan lurah.

Kabag Aset dan Perwat Setda Gianyar I Ketut Mudana mengatakan, sebanyak 70 sepeda motor  jenis matic diserahkan kepada kepala desa dan lurah se- Kabupaten Gianyar. Bantuan sepeda motor seharga Rp. 16 juta per unit dan bersumber dari anggaran perubahan 2015 ini diharapkan sebagai kendaraan operasional dalam mendukung kinerja pemerintahan desa. Apalagi akan diberlakukan UU Desa yang tentunya kegiatan kades atau lurah makin padat.

“Sepeda motor yang sebelumnya sudah dipegang kepala desa sejak tahun 2007, agar diserahkan ke sekretaris desa, dengan harapan tata kelola pemerintahan desa makin meningkat,” ujar Mudana.

Wabup Mahayastra usai penyerahan bantuan mengatakan, bantuan kendaraan operasional diharapkan dapat mempermudah serta mempercepat kinerja perangkat desa dan kelurahan, dalam hal ini pelayanan masyarakat. Terlebih setiap desa dan kelurahan sebetulnya sudah memiliki beberapa unit sepeda motor untuk kendaraan operasional. Dengan demikian, maka pelayanan kepada masyarakat harus lebih ditingkatkan lagi.

“Pemerintahan desa merupakan basis terdepan dalam pembangunan, dimana infrastruktur pembangunan yang dilaksanakan pada dasarnya bermuara di pedesaan, dan suksesnya pembangunan di desa berarti suksesnya pembangunan secara keseluruhan,” ujarnya. Dengan demikian sangat mustahil suatu desa dapat maju dan berkembang tanpa dikelola dengan baik.

Untuk itu, perawatannya juga harus diperhatikan, sehingga kendaraan selalu siap pakai. Dan tentunya mereka bisa melayani masyarakat lebih optimal lagi, karena kendaraan merupakan salah satu penunjang untuk mempermudah dan mempercepat dalam menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Sementara Ketua Forum Perbekel Kabupaten Gianyar I Gusti Nym. Gde Susila disela-sela acara mengatakan, bantuan kendaraan operasional yang baru  sangat tepat, mengingat mobilitas kades atau lurah  cukup padat, apalagi yang berada di daerah yang memiliki ketinggian

“Dengan adanya daya dukung ini, menjadi tantangan bagi kami  untuk menjalankan tata keloloa pemerintahan desa lebih baik, dan tentunya pelayanan kepada masyarakat lebih meningkat,” ucap I Gst Nym. Gede Susila, yang juga Kades Desa Bona ini. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .