26 March 2014

Tim YKI Pusat di Hibur Fragmentari Bahaya kanker

Jangan tergoda dengan makanan yang hanya nikmat dimata, namun membawa sengsara di badan. Makanan khususnya jajanan yang tidak memenuhi standar kesehatan sangat mudah dijumpai di pasaran. Kita sendirilah yang harus pandai memilih makanan mana yang sehat dan mana yang berbahaya bagi tubuh. Informasi ini disajikan apik dalam sebuah fragmentari yang dibawakan anak-anak yang tergabung dalam Sanggar Paripurna Desa Bona, saat menerima Tim YKI Pusat di Wantilan Pura puseh Desa Bona Blahbatuh Gianyar , (18/3).

Tidak hanya itu, mereka juga memaparkan akan bahaya kanker servik dan kanker payudara bagi kaum perempuan. Selain deteksi dini, pola hidup sehat sangat dibutuhkan dalam upaya mengantisipasi kanker sejak awal. Kepiawaian anak-anak memaparkan tentang bahaya kanker dalam bentuk fragmentari membuat Tim YKI Pusat yang diwakili dr. Lukiarti Rukmini dan Ir. Silvia Ari Purnomo dan Ketua YKI Cabang Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra kagum.

Bahkan dr. Lukiarti Rukmini mengatakan, inilah suatu bukti bahwa program sosialisasi kanker dikalangan remaja di Gianyar boleh dikatakan berhasil. Tahun 2013 ini YKI Pusat telah mencanangkan Gerakan Nasional Peduli dan Cegah Kanker Servik di seluruh Indonesia dan tujuan kami ke Gianyar dalam rangka meninjau pelaksanaan program tersebut. Dengan bantuan dari donator, YKI Pusat juga telah memprogramkan pelayanan pap smear dan IVA di seluruh kabupaten di Indonesia. Khusus di Kabupaten Gianyar, pihaknya sangat salut ternyata pap smear dan IVA sudah dilaksanakan secara rutin bekerjasama dengan dinas/instansi terkait. “ Kami harap program ini bisa rutin dilakukan, dan YKI Pusat akan terus memberi dukungan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua YKI Cabang Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan program pap smear, IVA dan sosialisasi rutin dilakukan di masyarakat bahkan sampai ke tingkat banjar. Hal ini dilakukan mengingat jumlah penderita kanker di Gianyar meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari RSUD Sanjiwani Gianyar jumleh penderita kanker Leiomioma uterus ada 11 orang, Neoplasma ganas bibir, rongga mulut, kelenjar liur : 9 orang, Neoplasma jinak payudara : 7 orang, Neoplasma ganas bronchus dan paru : 7 orang, dan Neoplasma ganas colon : 6 orang. Disamping itu hasil pemeriksaan dengan metoda IVA, persentase IVA positif sebesar 20%. “ Kondisi inilah yang membuat kami di YKI harus terus bekerja keras,” kata Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Ditambahkan lagi dengan visi masyarakat peduli kanker, dikatakan YKI senantiasa memperhatian bahwa kanker bukan hanya masalah individu atau keluarga mereka yang terkena kanker. Memberikan dukungan baik moral maupun material sesuai dengan kemampuan dan kapasitas. YKI juga memberikan perlindungan agar mereka yang terkena kanker merasa terayomi sehingga timbul semangat diri.

Pada kesempatan itu juga diberikan pelayanan pap smear dan IVA bagi asyarakat setempat dilakukan di pustu Desa Bona. Menurut Kepala Puskesmas Blahbatuh 1, dr. Dahlia, pelayanan ini cukup mendapat perhatian dari masyarakat, dari target 50 orang yang terdaftar sudah lebih dari itu. (Humas Gianyar/eni )

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .