03 July 2014

Tim Provinsi Evaluasi Kelompok P2WKSS “Cempaka” Desa Buruan

Tim Penilai Provinsi mengevaluasi Kelompok Peningkatan Peranan Wanita untuk Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) “ Cempaka”, Banjar Griya Ketandan, Desa Buruan sebagai wakil dari Kabupaten Gianyar di Jaba Pura Kahyangan Tiga Banjar Griya Ketandan, Desa Buruan, Blabatuh, (1/7). Rombongan yang terdiri dari 10 orang tersebut disambut oleh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB), Ida Ayu Putu Sri Ambari didampingi Perbekel Desa Buruan, Gusti Ngurah Ariawan.

Ketua Kelompok P2WKSS “ Cempaka”, Banjar Griya, Desa Buruan, Desak Made Giri Putri mengatakan, Kelompok P2WKSS “Cempaka” memiliki 5 kelompok binaan dimana masing – masing kelompok terdiri dari 10 KK binaan. Kelima kelompok tersebut yakni; Cempaka I yang merupakan kelompok penjual es; Cempaka II, Kelompok penjual pangkonan; Cempaka III, kelompok peternak babi; Cempaka IV, kelompok penjual jajan serta Cempaka V merupakan kelompok dagang banten.

Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan Kelompok P2WKSS “Cempaka” semenjak dibentuk 2012 lalu antara lain, penyuluhan kesetaraan gender dan keadilan gender, penyuluhan tentang rumah sehat dan pengadaan sumber air bersih, penyelenggaraan kebersihan dan keindahan rumah dan lingkungan, pelatihan ketrampilan yang meliputi peningkatan usaha ekonomi produktif dan manajemen pemasaran, serta pembinaan kader KB dan penyuluhan perkoperasian.

Ditambahkan, Desak Made Giri Putri, usaha dan industry kecil yang mendapat pelatihan diantaranya, usaha tumah tangga membuat sarana upakara (penek), membuat jajan, es, susu kedelai, loloh cemcem, usaha ternak babi dan bebek serta usaha membuat rumah tangga membuat banten.

“Program P2WKSS memberi imbas positif terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga sebagai komponen terkecil dari masyarakat,” terang Desak Giri Putri.

Ketua Tim Evaluasi Provinsi Bali, Drs. I Gusti Ngurah Aryana, MM. mengatakan, merupakan program terpadu dalam rangka peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera. Evaluasi ini sendiri dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi program – program yang telah dilaksanakan oleh kelompok P2WKSS. Implementasi di masyarakat terhadap program yang telah direncakan serta capaiannya. Program ini dirasa sangat strategis karena dilaksanakan oleh semua sector dalam rangka mempercepat proses pengentasan kemiskinan sehingga sasarannya adalah daerah atau desa – desa yang tingkat kesejahteraannya masih rendah.

“Dengan program ini, secara bertahap mampu meningkatan kesejahteraan masyarakat secara mandiri,”terang Gusti Ngurah Aryana.

Kepala PP dan KB, Ida Ayu Putu Sri Ambari mengatakan, sangat menyambut baik pelaksanaan program ini. Program P2WKSS memberikan kesempatan yang lebih kepada perempuan untuk turut serta berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. Mengingat selama ini, kaum perempuan masih dibatasi dalam hal berpolitik serta dalam pengambilan keputusan. Program ini juga dapat mendukung peningkatan seumber daya manusia guna terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender.

“Meningkatnya peran perempuan akan mampu mengurangi kesenjangan sosial dan tanggung jawab anatra laki – laki dan perempuan,” tambah Ida Ayu Putu Sri Ambari.(Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .