08 June 2016

Tim Penilai Provinsi Tak Henti Minta UPT Kesmas Berinovasi

Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kesmas Tampaksiring II mendapat kehormatan untuk dinilai dalam lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Bali 2016. Kunjungan dari tim provinsi dilaksanakan di Aula UPT Kesmas Tampaksiring II, (7/6).

Dalam paparannya, Kepala UPT Kesmas Tampaksiring II, dr. Arif Kusworo menyampaikan tenaga kesehatan yang tersedia di unitnya terdiri atas 5 orang dokter umum, 3 orang dokter gigi, 10 orang Akper D3, 26 orang Akbid D3, 7 orang perawat SPK, Sarjana Keperawatan 3 orang, sanitarian dan analisis 2 orang, administrasi 11 orang, dan SKM, AK gigi, SPRG, Apoteker, Asisten Apt, Sarjana Gizi masing – masing 1 orang.

dr. Arif menjelaskan, cakupan layanan yang disediakan terhadap masyarakat meliputi rawat jalan terdiri atas poli umum, poli gigi, KIA/KB/Tumbuh kembang, imunisasi, laboratorium, dan konseling. Selanjutnya rawat inap, home care, kunjungan sulinggih, UGD 24 jam, one day care, dan VK/persalinan.

“Visi kami ingin mewujudkan masyarakat sehat dan mandiri,”ucapnya.

Asisten II Setda Gianyar Ketut Astawa Suyasa, mewakili Bupati Gianyar mengatakan, UPT Kesmas Tampaksiring II ditunjuk sebagai duta Kabupaten Gianyar karena keberhasilan menjadi yang terbaik dalam perlombaan tingkat kabupaten.

”Ini salah satu UPT kesmas yang terbaik di Kabupaten Gianyar,”kata dia.

Lebih lanjut, Astawa mengatakan, arah pembangunan di bidang kesehatan adalah terciptanya pelayanan kesehatan yang menjangkau segala lapisan, tentu dengan kualitas yang paling bermutu. Dengan memberi perhatian khusus, kepada masyarakat miskin, anak rawan kesehatan dan para lansia.

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Kabupaten Gianyar itu menekankan, banyak hal yang menjadi tantangan bidang kesehatan ke depan. Sebab, jenis wabah penyakit pun berkembang seiring canggihnya tekhnologi yang diciptakan tenaga kesehatan.

“Menurunkan kematian ibu melahirkan menjadi prioritas, disamping pencegahan terhadap beberapa penyakit mematikan, seperti HIV/AIDS, TBC, DBD, rabies, dan lainnya. Upaya itu juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas dan kesejahteraan tenaga medis dan paramedis. Layanan yang bersentuhan langsung dengan masyrakat harus benar – benar digalakkan,”pesan Astawa.

Tim penilai Provinsi dr. Laksmi, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengatakan, penilaian ini bukan semata – mata lomba. Namun, lebih kepada pembinaan agar Puskesmas dapat memberi pelayanan terbaik. Pihaknya berharap, agar UPT kesmas yang mendapat kesempatan berpartisipasi tak henti melakukan inovasi demi inovasi, yang nantinya dapat memberi manfaat positif bagi masyarakat.

“Dengan konsep kewilayahan, diharapkan Puskesmas mampu menjamin bahwa seluruh penduduk yang berada dalam jangkauannya, mendapatkan akses kesehatan yang berkualitas sesuai dengan konsep universal coverage,”ujarnya. (HumasGianyar/ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .