09 November 2011

Tim Lomba PKTP Bali Nilai Gianyar

Berdasarkan data Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gianyar, jumlah penderita kanker di Kabupaten Gianyar cenderung meningkat. Untuk itu sebagai tindak lanjut, sedini mungkin dilakukan penyuluhan dan pembinaan mengenai bahaya kanker, mulai dari usia sekolah, Karena pada dasarnya setiap manusia berpotensi terkena kanker, namun kanker tidak akan muncul jika kita melakukan pola hidup sehat. Hal tersebut diungkapkan Ketua YKI Cabang Gianyar, Ny. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat menerima Tim Penilai Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Provinsi Bali di SMP 2 Gianyar (9/11).

Penilaian di hadiri oleh Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Anggota Muspida dan pejabat terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Lebih lanjut Ny. Tjok Ace menjelaskan jumlah penderita kanker di Kabupaten Gianyar, masing-nasing; kanker payudara sebanyak 45 orang, kanker hati 40 orang, kanker paru 22 orang, kanker leher rahim 25 orang dan kanker lambung 12 orang. Disamping itu dari hasil pemeriksaan dengan mertode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), presentase IVA positif sebesar 30 %. Berdasarkan data tersebut, YKI bersama Pemerintah Kabupaten Gianyar terus berupaya dengan melaksanakan program-program, yakni; berkoordinasi lintas sektoral secara intensif, melaksanakan orientasi guru sekolah, melakukan pembinaan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, melaksanakan penyuluhan tentang penyakit kanker kepada anak-anak sekolah, membentuk kelompok peduli kanker, melakukan pelayanan deteksi dini dengan metode IVA, mensosialisasikan deteksi dini dengan metode SADARI (Pemeriksaan Kanker Payudara Sendiri), peningkatan pengetahuan tenaga medis dan paramedis serta mengikuti pelaksanaan pengawasan dan pengamanan pangan.

Ditambahkan dalam Lomba PKTP Program Sekolah Tahun 2011, Kabupaten Gianyar diwakili oleh SDN 1 Taro, SMPN 2 Gianyar dan SMAN 1 Payangan, yang penilaiannya dipusatkan di SMPN 2 Gianyar.

Ketua Tim Penilai, Prof. dr. Gde Putu Surya, SPog menyatakan (PKTP) merupakan program penanggulangan penyakit kanker menyeluruh yang dilaksanakan oleh semua potensi yang ada, baik Pemerintah bersama masyarakat termasuk swasta, secara lintas program dan lintas sektoral, melalui keempat aspek penanggulangan kanker yaitu Pencegahan Primer, Deteksi Dini, Pengobatan dan paliatif (bebas nyeri secara multi disipliner). Diharapkan dari penyuluhan dan pembinaan PKTP disekolah, pelaksanaan hidup sehat dan bersih dan bahaya kanker dapat tersosialisasikan tidak hanya bagi warga sekolah namun juga seluruh masyarakat.

Sementara Bupati Gianyar mengapresiasi dan menyambut baik PKTP guna meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kewaspadaan terhadapt ancaman lingkungan yang cenderung memicu kanker. Kegiatan ini juga memotivasi para guru, siswa, pengelola kantin serta pengurus komite sekolah untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah, dengan harapan dapat diteruskan di lingkungan keluarga dan masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat
Bupati Gianyar berharap program PKTP dapat dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mewujudkan masyarakat yang terbebas dari penyakit kanker.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .