26 September 2014

Tiga Kali Juara LKTI, Blasman Boyong Piala Politeknik

SMAN 1 Blahbatuh secara konsisten mendulang prestasi, baik akademis maupun nonakademis. Sepekan terakhir ini, dua tim KIR (karya tulis ilmiah) sekolah yang populer dengan sebutan Blasman itu kembali memboyong piala bergilir Politeknik Negeri Bali sebagai juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Mengingat dua tahun sebelumnya berturut-turut meraih juara I, maka piala bergilir itu menjadi piala tetap milik Blasman. Demikian disampaikan Ketut Sulatra, SPd. MPd, Kepala SMAN 1 Blahbatuh, didampingi pembina KIR, Drs. I Nyoman Sudana, MM. MPd di ruang kerjanya, (26/9).

Ketut Sulatra menjelaskan, dalam LKTI itu, tim KIR Blasman mengirim dua karya tulis yang keduanya berhasil masuk final bersama tim KIR dari SMA/SMK favorit di Bali. Setelah mempresentasikan di depan dosen penguji, karya tulis berjudul “Kekuatan Beton Pengeras Jalan Pedesaan yang Disisipkan Guntingan Kemasan Snack Diukur dari Daya Tahan dan Kuat Impek (Beban Kejut)” itu dinyatakan sebagai karya tulis terbaik. Karya Tulis tersebut dimotori oleh Adi Putra, Ayunda Surya Dewi, dan Adi Nata.”hasil uji yang dilakukan anak asuh kami membuktikan beton dengan serat kemasan snack  jauh lebih kuat daripada beton biasa. Beton ini juga mengurangi jumlah sampah plastik.”kata Sulatra.

“Karya tulis lain mengangkat pipanisasi air gravitasi di Desa Bukian Payangan yang disusun Ari Karmini, Lita Listiawati, dan Galuh Pradnyadini harus puas di posisi harapan II.”imbuh Sudana.

Dalam kesempatan lainnya, kata Sulatra, putra putri terbaik Blasman juga meraih prestasi yang tidak kalah membanggakan. Diantaranya, Ni Putu Okky Larasati berhasil mendapat juara II lomba essay yang digelar Fakultas Sastra Unud. Diasuh Ni Made Wesnawati, dia mengambil tema “Sinergi Pemerintah dan Masyarakat dalam Mengendalikan Alih Fungsi Lahan”.  Sementara itu, dalam Olympiade Bahasa Inggris yang digelar Unmar Denpasar menobatkan Indra Dewi Wyatt sebagai juara I. Dia berhak jadi duta Bali tour ke sejumlah negara ASEAN awal tahun 2015.  Rekannya Made Dwi Tik Mandasari menduduki posisi III.  Kejuaraan base ball Rektor Cup IKIP PGRI menempatkan Dedy Adi Putra sebagai pemain terbaik. Serta Kejuaraan Nasional Judo Kartika Cup 2014, siswa Blasman Komachi Amano Lubis sukses meraih medali emas di kelas Junior 63 KU 13-16 tahun di Jakarta.

Ketut Sulatra mengatakan,  sebagai Kepsek baru, pihaknya didukung Komite dan stake holder, berkomitmen melakukan pembenahan serta komunikasi untuk menciptakan kekompakan intern sekolah dan antara sekolah dengan masyarakat. Mengenai sasaran akademis, baginya kemampuan akademis siswa mesti diimbangi dengan kemampuan non akademis seperti olahraga, seni budaya, pendidikan karakter, dan spriritualitas siswa. Kaitannya dengan spiritualitas, Blasman dalam perayaan Hari Saraswati yang akan datang, akan menggelar upacara ngenteg linggih dan melaspas bangunan baru lantai III yang baru selesai dibangun. Selain itu Blasman sedang berbenah menjadi sekolah sehat persiapan lomba UKS bulan depan. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .