02 November 2015

Tidak Hanya Sekedar Kemah atau Simulasi, Pramuka Gianyar Siap Terjun di Masyarakat

Pramuka di Kabupaten Gianyar  akan diterjunkan setiap kegiatan Pemkab. Gianyar dan masyarakat sekitar. Hal ini sebagai wujud nyata dalam penerapan segala teori dan praktek yang diperoleh dalam Pramuka sehingga dapat bermanfaat untuk  masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Pramuka Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra, saat pelepasan kontingen Kwartir Cabang Gianyar untuk mengikuti  Jambore Daerah (Jamda) Bali, Peran Saka Nasional dan Perkemahan Wirakarya  Nasional, di ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, (2/11).

“Kegiatan pramuka tidak hanya sekedar kemah atau jambore dan simulasi saja, tetapi bagaimana memberikan manfaat nyata ditengah-tengah masyarakat,” tegas I.B. Gaga Adi Saputra, dihadapan kontingen dan para pembina pendamping

Salah satu program yang secepatnya direalisasikan adalah membentuk Satgas Perlindungan Anak. Dikatakan, minimal anak-anak pramuka bisa menjadi informan ketika  melihat ada tindakan kekerasan atau kejadian yang melanggar aturan. Mendukung hal itu, buku saku Pramuka juga akan diisi nomer telepon penting yang bisa dihubungi. Selain itu, masalah kebersihan dan pelestarian lingkungan juga menjadi sasaran keterlibatan Pramuka dan diharapkan menjadi contoh di masyarakat.

“Tunjukkan bahwa Pramuka adalah orang-orang yang kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif,” imbuh I.B. Gaga Adi Saputra, didampingi  Ketua Harian Kwartir Cabang Pramuka Gianyar, I Gusti Ngurah Wijana.

Sementara Sekretaris Kwarcab Gianyar, Noman Aryawan, mengatakan,  Jambore Daerah Bali  dilaksanakan  5 - 8  Nopember 2015 di Bumi Perkemahan  Margarana Tabanan dengan mengirim 72 orang Pramuka Penggalang Putra dan Putri.

Peran Saka Nasional yang merupakan kegiatan Pertemuan Antar Satuan Karya Pramuka tingkat  nasional dengan melibatkan Pramuka Penegak,  dilaksanakan 13-19 Nopember 2015 di Kendari-Sulawesi Tenggara. Kwarcab Gianyar mengirimkan 6 orang Pramuka Penegak.

Sementara Perkemahan Wirakarya  (PW) Nasional sebagai wadah Pramuka Penegak dan Pandega menunjukkan kemandirian dan dedikasi melalui Bakti Nyata bagi masyarakat. PW Nasional akan dilaksanakan 23-30 Nopember 2015 di Lombok Barat. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .