13 May 2014

Tekan Laju Penduduk, Pemerintah Sasar Pria Sebagai Aseptor

 

Guna menekan jumlah penduduk yang semakin meningkat tajam, Pemerintah mulai menyasar pria sebagai pengguna alat KB atau aseptor dengan metode vasektomi. Untuk mensukseskan program tersebut, Badan Pemberdayan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) mengadakan sosialisasi KB pria/vasektomi di Kantor Camat Blahbatuh, (13/5).

Sosialisasi diikuti Damramil dan Babinsa, para kepala desa di Kec. Blahbatuh, ketua TP-PKK desa se-kec. Blahbatuh, tokoh masyarakat, PLKB serta UPT KB  Kec. Blahbatuh, dengan narasumber Kepala BPPKB, Ida Ayu Putu Sri Ambari, Pasi Operasi Kodim 1616 Gianyar, Gde Astawa  dan dr. Sudiadnyana dari  RSUD Sanjiwani.

Dalam materinya, dr. Sudiadnyana menjelaskan Vasektomi atau dalam bahasa KB sering disebut kontap-pria (kontrasepsi mantap pria) adalah operasi kecil (bedah minor) yang dilakukan untuk mencegah transportasi sperma pada testikel dan penis. Sosialisasi KB pria ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang vesektomi. Diharapkan kesadaran masyarakat khususnya kaum pria agar memperhatikan jumlah keturunan dan dengan adanya MOP (Medis Operatif Pria) ini para pria dapat mengendalikan jumlah anak dalam keluarganya untuk menyukseskan program Komitmen Kinerja Program (KKP) Tahun 2014 yang ditargetkan Pemerintah Provinsi Bali.

Dayu Ambari menjelaskan, sejauh ini calon peserta vasektomi yang telah terdaftar di seluruh kecamatan di kabupaten Gianyar sebanyak 23 orang terdiri dari Kec. Gianyar (kodim) 10 orang, Kec. Ubud 2 orang, Kec. Blahbatuh 1 orang, Kec. Tegalalang 2 orang, Kec. Payangan 6 orang , Kec. Tampaksiring 3 orang, dan Kec. Sukawati belum ada.

“Mungkin masyarakat di sukawati belum mengetahui tentang manfaat MOP, setelah adanya sosialisasi ini kami harap aseptor MOP di sukawati mulai ada dan penggunaan MOP di Kab. Gianyar meningkat.” harap Dayu Ambari

Sebagai rangsangan, pemerintah akan memberikan reward berupa uang sebesar Rp. 750.000,- untuk aseptor yang bersedia melakuikan vasektomi dan Rp. 200.000,- untuk orang yang membawa aseptor tersebut. (Humas Gianyar/dd)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .