19 November 2017

Tekan Berita Hoax, Diskominfo Gelar Diskusi Literasi Media

Mengantisipasi semakin maraknya penyalahgunaan media sosial, terutama dalam penyebaran berita hoax (tidak benar), Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bali melalui Dinas Kominfo Kabupaten Gianyar menggelar Diskusi Literasi Media dengan tema Internet Sehat Untuk Semua Orang di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (17/11). Sosialisasi ini menghadirkan tiga narasumber yakni dari Tim Cyber Crime Polda Bali, PWI dan dari Diskominfo dan Statistik Provinsi Bali.

Dalam sambutan Kadis Kominfo Kabupaten Gianyar yang dibacakan Sekdis Kominfo Kab. Gianyar, I Gede Daging, SSTP mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan Undang - Undang No. 19 Taun 2016 tentang perubahan UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Peserta yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah PPID pembantu masing - masing OPD  dan pengurus Osis SMA/SMK.

Dikatakan, perkembangan media yang begitu pesat sebenarnya mempermudah cara kita untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi yang mampu menghemat waktu biaya. Melalui media sosial masyarakat diberikan kebebasan berekspresi untuk mengeluarkan pendapat. Namun, penyalahgunaan media sosial dalam menyebarkan informasi juga berdampak pada banyaknya para pengguna yang masuk ranah hukum akibat dari penyebaran informase pada sosial media yang tidak menggunakan etika.

"Alangkah baiknya apabila kita mengetahui etika apa saja yang harus diperhatikan pada saat menggunakan jejaring sosial," tambahnya.

Kepala Seksi Pengembangan Sarana Komunikasi Publik Diskominfo dan statistik Prov Bali, Drs. Ida Bagus Ketut Agung Ludra menyampaikan kegiatan sosialisasi kali ini merupakan kegiatan ke 9 dan sudah dilaksanakan di hampir seluruh kabupaten serta ke sekolah - sekolah. Diharapkan, agar peserta manfaatkan sosialisasi ini dengan baik, menggali terus informasi terkait mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan di media sosial. Kominfo juga saat ini mendorong untuk pemanfaatan media online dengan baik, seperti berdagang secara online. Namun, tapi tetap dengan kewaspadaan dan pemahaman yang baik pula.

"Kalau positif, internet sangat memudahkan kita semua dalam beraktifitas," tambah Ida Bagus Ludra.

Salah satu narasumber dari Tim Cyber Crime Polda Bali, Iptu Zulfi Amsor Kholik, ShH dengan tema Cerdas Menggunakan Media Sosial (Waspadai bahaya hoax) memaparkan interaksi di media sosial sifatnya sangat luas, sehingga begitu masuk di media sosial seluruh dunia akan tahu dengan partisipatif dari pesertanya beragam serta komunikasi yg relatif bebas. Begitu juga pesan sangat mudah dibuat dan penyebarannya sangat cepat, dipenuhi konflik komunikasi dan provokasi yang kadang tanpa disadari. "Ini sangat berbahaya, satu aja isu yang tersebar akan berdampak luas," terangnya.

Zulfi Amsor Kholik, juga menyoroti tentang keberadaan media abal - abal, akun anonim, buzzer, hoax, dan ujaran kebencian. yg dibutuhkan gerakan politif untuk bawah tanah termasuk terorisme untuk mencari dukungan, membelokkan persepsi dan opini publik. "Masyarakat banyak yang tidak bisa membedakan mana media abal-abal, buzzer dan hoax di media sosial," terangnya.

Untuk itu pihaknya berharap masyarakat berhati - hati menyikapi ketika mendapat share berita yg mengandung ujaran kebencian, sara, pencabulan, pencemaran nama baik, asusila, dan perjudian. Karena dalam UU ITE, bagi penyebar juga akan dijerat kasus hukum.

Salah satu peserta, Kadek Pika Anggreni asal SMA Dwijendra Gianyar mengaku sangat senang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Dalam sosialisasi ini, dirinya menjadi tau membedakan mana berita hoax termasuk hal - hal yang tidak boleh dilakukan di media sosial. Karena, jika turut serta dalam penyebaran berita hoax juga akan berdampak tidak baik dan bisa berurusan dengan hukum.

"Berita hoax memang sangat meresahkan terutama yang mengandung sara. Jadi dengan sosialisasi ini kita bisa tau cara membedakan berita hoax," cetus Kadek Pika Anggreni. (HumasGianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .