23 February 2010

Team Teaching Untuk 500 Orang Guru

Pelatihan Team Teaching bagi Guru SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Gianyar, dilaksanakan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Gianyar dan diikuti 500 orang guru se Kabupaten Gianyar. Kegiatan yang di gelar (22/2) di Balai Budaya, bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dalam mencapai dan menciptakan kualitas SDM anak didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

Menurut Ketua Panitia Penyelengara Drs.  Made Sudama MM. MPd. Mengatakan pelatihan Team Teaching  bagi guru dilaksanakan sebagai salah satu upaya menyikapai Permen Diknas NO. 39 tahun  2009, tentang beban  kerja guru terutama pemenuhan beban  kerja guru yang telah lulus  sertifikasi yang belum dapat memenuhi jam tatap muka sebanyak 24 jam. Pun untuk meningkatkan kompetensi Profesional guru sebagai agen pembelajaran agar dapat meningkatkan   mutu pendidikan, khususnya di Kabupaten Gianyar.

Sedangkan Menurut  Kadisdikpora Gianyar Drs. I Gst Ngurah Wijana, MM.Mpd. Dalam sambutannya ketika membuka Work Shop  mengatakan, guru yang mengikuti Team Teaching berjumlah 500 orang terdiri dari  SMA 227 orang, SMK, 134 orang dan SMP 139 orang. Sedang sasarannya agar semua guru mengerti serta memahami fungsi dan tugasnya dalam melaksanakan proses pendidikan serta  mampu meningkatkan  kompetensi guru, untuk melaksanakan  Team Teaching dalam pembelajaran di kelas. Seningga dari Teaching Team ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kompetensi guru dan secara  akademik guru memiliki kewenangan dalam melaksanakan  pembelajaran  ber tim atau Teaching dikelas  sesuai dengan mata pelajaran  yang diempunya.

Sementara  itu Pembicara Prof. DR. Yatim Riyanto, MPd. Dalam tuntunannya mengajak semua peserta untuk serius dalam mengikuti Team Teaching karena semua wahana yang dilaksanakan adalah penting maksud dan tujuannya dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kualitas  yang diinginkan. Selain itu  Riyanto yang juga Anggota Tim Nasional Sertifikasi Guru Nasional menjelaskan berbagai hal terkait UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan PP NO. 74 tahun 2008 tentang Guru serta Peraturan Mendiknas No. 10 tahun 2009 tentang Sertifikasi bagi guru Dalam Jabatan. “Munculnya Team Teaching merupakan dampak dari Iptek, Latar Belakang peserta didik, serta keterbatasan Guru. Ini merupakan beban tambahan  kerja guru  yang kurang  melaksnakan lebih dari 24 jam.  Untuk itu Ber Team Teaching hal yang ampuh untuk mengatasinya dengan cara Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian,” Ujarnya bersemangat serta diaplous setuju audiens. Suasana ini tampak mengandung harapan terhadap realita tujuan Dilaksanakannya Team Teaching ini. Semoga segera terwujud, hingga dapat mendongkrak laju proses pendidikan selalu kearah kemajuan.(iba)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .