27 March 2017

Tawur Kesanga Di Catus Pata Gianyar Dipuput Tri Sedaka

Sehari menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, Pemkab. Gianyar bekerjasama dengan Desa Adat Gianyar menggelar upacara Tawur Kesangan di Catus Pata Gianyar, (27/3). Tawur Kesanga dipuput oleh Tri Sedaka, yakni Ida Pedanda Siwa Putra Kalang, Grya Hyang Api, Sampyang Gianyar, Ida Pedanda Budha Keling, Karangasem dan Ida Rsi Dharma Kerti Grya bhujangga Angkling. Pada upacara tersebut juga dipentaskan tari sakral, Rejang Renteng, Rejang Dewa dan Baris Gede.

Bendesa Desa Adat Gianyar, Dewa Made Suardana mengatakan, upacara Tawur Kesanga tahun ini adalah Tawur Agung Mayama Raja yang bertujuan untuk menetralisir (menyeimbangkan) semua kekuatan - kekuatan yang bersifat negatif (nyomia bhuta) sehingga alam semesta kembali normal serta manusia dapat hidup dengan selamat dan damai.

"Tawur Agung Mayama Raja ini untuk menetralisir/menyeimbangkan agar bhuta matemahan dewa (nyomia bhuta) kalau sudah demikian kehiduapan manusia akan menjadi seimbang/damai," terang Dewa Suardana.

Dewa Suardana menambahkan, upacara Tawur Kesanga tahun ini menggunakan wewalungan seperti godel (anak sapi), kambing, angsa, itik, asu blangbungkem, dan panca sata sebagai dasar.

Tawur Kesangan selain dihadiri seluruh warga Desa Pakraman Gianyar, juga dihadiri tokoh masyarakat serta pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Wayan Suardana mengatakan,  melalui pelaksanaan tawur ini diharapkan dapat menyucikan bhuana agung dan bhuana alit sehingga seluruh Umat Hindu diberikan kekuatan untuk melaksanakan Catur Brata Penyepian.

Selain di Catus Pata Gianyar, di enam catus pata kecamatan di Kabupaten Gianyar juga digelar upacara Tawur Kesangan. (HumasGianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .