18 April 2014

Tabuh Kreasi Sanggar CW Pukau Penonton

Penampilan sanggar Cenik Wayah (CW) Ubud memeriahkan HUT Kota Gianyar ke-243 di open Stage Balai Budaya Gianyar, mendapat sambutan hangat penonton yang memadati lapangan Astina Raya, Gianyar, (15/4). Lewat garapan musik dan tari bertajuk “Pucuk Bang”, mereka menampilkan tabuh kreasi kolaborasi antara gamelan smara dhana dan selonding dengan nada yang unik dan klasik.

Pementasan tabuh kreasi dengan penanggung jawab sanggar CW, Cokorda Ngurah Suyadnya (Cok Wah), juga mengiringi tarian legong kontemporer, puisi berjudul pucuk bang yang dibacakan Gung Mas Ruscita. Selanjutnya dipentaskan musik klasik yang didominasi suara biola. Pertunjukan terakhir mereka berupa teater, dimana lima penari yang tubuhnya hanya dibalut plastik menari meliak-liuk di atas lukisan kanvas berukuran 7 x 4 meter. Selanjutnya dengan gerakan tubuh menari mereka menaburkan cat warna warni sehingga tercipta lukisan abstrak.

Menurut Pembina sanggar CW I Wayan Sudirana, konsep yang mendasari penggarapan adalah perenungan akan makna pucuk bang yakni keberanian berkreativitas. Dengan menampilkan komposer-komposer dan koreografer muda seperti I Wayan Diana Putra, Putu Adi Septa, Putu Gde Suardika, Gde Sukariana, Ida Ayu Ratih Wagiswari dan Kadek Agus Budiarta dan dibawah arahan pembimbing sekaligus konseptor Wayan Sudirana, diharapkan garapan ini menjadi sebuah bahan pemikiran ke depan dan juga bahan pertimbangan untuk keberanian berkreativitas dan kemajuan seni yang ada di Gianyar

“Ini merupakan sebuah refleksi lahirnya karya musik dan tari yang terbingkai dalam tema dan pemaknaan pucuk bang, dan secara khusus digarap untuk Gianyar sebagai daerah seni, pembelajaran untuk penikmat seni, dan kebangkitan keberanian berkreativitas dalam berkesenian,” jelasnya.

Sanggar CW berdiri pada tahun 2003. Adapun prestasi yang diraih adalah juara 1 Festival Gong Kebyar Anak-Anak 2005 se-Bali. Di samping itu juga sanggar ini sering mendapat project bersama orang asing untuk memainkan tabuh ciptaan orang asing tersebut. Sampai saat ini Sanggar Cenik Wayah Ubud masih aktif melakukan pementasan 1x seminggu yaitu pada hari Kamis, yang terletak di Cafe Lotus atau Puri Saraswati Ubud. (Humas Gianyar/NGR W)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .