09 September 2014

STT Sat Karma Jaya Konsisten Jalani Dharma Agama

Sekaa Teruna Teruni  (STT) Sat Karma Jaya (SKM), Banjar Taruna, Desa Siangan, Kecamatan Gianyar mendapat kehormatan sebagai duta Kabupaten Gianyar dalam lomba Sekaa Teruna TK Provinsi Bali. Tim penilai lomba dipimpin oleh Asisten II Pemerintahan Provinsi Bali, Ketut Wijaya beserta tim disambut oleh Asisten I Pemkab Gianyar Cokorda Rai Widiarsa, Kadis Kebudayaan Gusti Ngurah Wijana, serta Muspika dan Perbekel desa setempat. Penilaian diselenggarakan di Balai Banjar Teruna, (8/9).

Perbekel Desa Siangan, Dewa Nyoman Raka, didampingi Ketua STT SKM, Ngakan Putu Adnyana Putra mengungkapkan rasa syukurnya atas ditunjuknya STT SKM sebagai duta Gianyar. Hal tersebut tak terlepas dari segala potensi yang selama ini ditonjolkan oleh STT SKM. Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar menilai STT SKM sangat aktif dalam berbagai aktifitas kepemudaan di masyarakat. Seperti aktif dalam bidang keagamaan, sosial kemasyarakatan, olahraga, gotong royong yang rutin digelar setiap bulan. STT SKM pun pernah mengikuti Lomba Kesadaran Hukum TK Nasional pada 2012 silam, serta aktif mengikuti lomba Karang Taruna di Kabupaten Gianyar, sehingga dirasa sangat layak dipercaya mewakili Kabupaten Gianyar.

Ngakan Putu Adnyana mengatakan STT SKM telah memegang teguh prinsip Sekaa Teruna, yaitu berbakti terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa, membangun rasa persatuan antar pemuda - pemudi, serta menjaga keasrian lingkungan. Dalam kesempatan tersebut, berbagai seni dipertunjukkan oleh STT SKM, yakni parade Mepeed, seni mejejaitan, Bikin Jaje Bali Suci, Seni Ukir, dan Seni Togog.

Bupati Gianyar, Anak Agung Bharata menyampaikan kebahagiaannya melihat semangat dari prajuru Desa, dan seluruh warga Banjar dan STT berpartisipasi dalam lomba ini. Diharapkan ke depannya, semangat kebersamaan dan persatuan antar warga tetap dipertahankan, agar dapat menjadi contoh bagi STT lainnya yang ada di Kabupaten Gianyar. Ia menilai STT SKM sangat konsisten dalam upaya melestarikan adat dan budaya di Bali, serta menjalankan Dharma Agama dan Dharma Negara. Salah satunya yang membanggakan adalah dapat menyusun dan menyelesaikan Awig - Awig STT sesuai dengan bimbingan dari penyusun Awig - Awig dari Kabupaten Gianyar, maupun Provinsi Bali, yang sudah dipelaspas Minggu, Redite Paing Ugu (31/8).

Ketua Tim Penilai, Ketut Wija menjelaskan lomba STT TK Provinsi digelar untuk menjaga rasa persatuan antar pemuda di Bali untuk tetap semangat dalam memajukan segala potensi yang dimiliki oleh STT. Aspek penilaian yang dilombakan berpedoman  terhadapTri Hita Karana, yakni Parahyangan (Bakti kepada Tuhan), Pawongan (Hubungan antar sesama), dan Palemahan (Keasrian Lingkungan). Dalam kesempatan tersebut, Ketut Wija juga mengimbau para pemuda untuk menjalankan 4 aspek yang dirancang oleh Pemerintah Provinsi Bali, yaitu Menjauhi rokok, narkoba, dan miras, Menjaga Kebersihan, Mengantisipasi Perubahan Perilaku Negatif, dan Memperdayakan Peraturan Daerah (Perda) Buah Lokal. (Humas Gianyar/ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .