12 July 2010

Stand Gianyar Bius Pengunjung Kabupaten Expo 2010

Kabupaten Gianyar baru pertama kali berpartisipasi dalam Pameran Kabupaten Expo (Kabex) 2010 yang diselenggarakan  APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). Menampilkan stand yang cukup megah bernuansa tradisional berupa ornamen Bale Pemandesan yang sangat artistik telah mampu menyedot perhatian para pengunjung. Mereka beramai-ramai mengabadikan momen tersebut  dengan berfoto-foto  menggunakan latar belakang stand Gianyar.

Pameran yang dibuka Menteri Dalam Negeri RI Gunawan Fauzi bertempat di Hall Assembly Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, berlangsung dari tanggal 8 s/d 11 Juli 2010, pameran kali ini mengambil tema “Membangun Indonesia Kreatif”. Pameran diikuti 98 Pemerintah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang menempati 105 stand yang ada.

Tidak hanya dekorasi stand pameran yang mampu mendatangkan daya tarik pengunjung, akan tetapi produk yang ditampilkan juga sangat diminati baik oleh pengunjung, undangan bahkan peserta dari kabupaten lain. Sesuai dengan tema pameran, Kabupaten Gianyar menampilkan 6 produk unggulan antara lain : Kipas Lukis, Perhiasan Perak, Tenun Ikat, Kerajinan Kaca dan Produk Herbal (Spa). Produk-produk tersebut merupakan produk kreatif yang merupakan kekayaan intelektual masyarakat Gianyar. Beberapa produk tersebut telah mendapatkan hak cipta desain dari Departemen Hukum dan HAM, seperti : Kipas Lukis dan Motif Kain Endek, sedangkan untuk produk herbal masih dalam proses pendaftaran. Hal ini sesuai dengan Program Pemerintah Kabupaten Gianyar yang sedang getol-getolnya memperjuangkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari hasil karya cipta para perajin dan seniman Kabupaten Gianyar.

Bupati Gianyar, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati didampingi Kadis Perindag Ir. Wayan Suamba, MT dan staf berkesempatan hadir di tengah-tengah perajin yang sedang mengikuti pameran guna meninjau sekaligus memberikan dorongan dan semangat kepada para perajin. Dalam kesempatan tersebut Bupati Gianyar memberikan arahan kepada perajin bahwa pameran ini hendaknya dijadikan ajang promosi sekaligus bahan evaluasi terhadap desain dan kualitas produk unggulan Kabupaten Gianyar. Kedepan diharapkan perajin lebih inovatif mengembangkan desain produk dengan memadukan konsep tradisional dan modern untuk mengantisipasi pasar global, tentunya  dengan tetap mengedepan kearifan lokal.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .