17 August 2014

ST. Taruna Suka Duka Padangtegal Kaja Gelar Lomba Bapang dan Mekendang Se-Bali

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata membuka Lomba Mekendang Tunggal dan Bapang Barong Se-Bali “Trena Jenggala Cup I” yang diselenggarakan oleh Sekaa Teruna Taruna Suka Duka, Br. Padang Tegal Kaja, Ubud di Open Stage Mandala Suci Wanara Monkey Forest (16/8).

Dalam kesempatan itu, Bupati Gianyar menyampaikan apresiasinya atas inisiatif sekaa teruna dalam menggelarkan lomba. Hal ini menunjukkan kecintaan dan upaya untuk melestarikan kesenian khususnya lomba makendang dan bapang barong di kalangan generasi muda. Melalui lomba bupati berharap dapat lahir tukang bapang dan tukang kendang yang makin meningkatkan kualitas kesenian barong di kawasan Ubud. Bupati Agung Bharata juga berharap lomba dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan kelitas serta jenisnya dapat ditingkatkan di tahun  selanjutnya.

Ketua Panitia penyelenggara, I Wayan Diana Putra diikuti sekitar 20 penari dan tukan kendang dari kabupaten/kota se-bali. Lomba berlangsung selama dua hari dari tanggal 16-17 agustus 2014. Lomba untuk kali pertama digelar untuk memberikan wadah bagi para juru bapang dan kendang barong untuk mempresentasikan kemampuan dan keahliannya. Sisitem perlombaan menggunakan sisitem tarung bebas, dimana juru kendang dan juru bapang akan dipasangkan dengan pasangan yang sebelumnya pernah berpasangan, ditambah mereka menggunakan media baik kendang maupun barong yang sebelumnya belum pernah digunakan. Hal ini bertujuan untuk mendidik para juru kendang dan juru bapang agar senantiasa siap menampilkan performa maksimal dalam situasi dan konsisi apapun. (Humas Gianyar/bid)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .