14 October 2014

Sosialisasi PUG Kabupaten Gianyar

Masih belum dipahaminya masalah pengarusutamaan gender (PUG) dan data terpilah pada bagian perencanaan di masing-masing SKPD, berimbas pada terhambatnya penyusunan profil statistik gender di masing-masing kabupaten/kota se-Bali.  Hal ini terungkap pada sosialisasi PUG oleh BP3A Provinsi Bali  di Ruang Rapat Kantor Bappeda KabupatenGianyar, (14/10).

PUG adalah suatu strategi maupun pendekatan untuk untuk mencapai kesetaraan bagi perempuan dan laki-laki. PUG ini memerlukan kebijakan, program kegiatan yang berspektif gender yang didapat melalui gender analisis. Seperti dikatakan Kabid PUG di BP3A Provinsi Bali, Drs. I Gusti Agung Ngurah Ariyasa, dalam menyusun anggaran yang responsive gender, para bagian perencanaan di masing-masing SKPD harus dapat menyusun anggaran yang mampu mengakomodasi keadilan bagi perempuan dan laki-laki

dalam memperoleh akses, manfaat, berpartisipasi dalam mengambil keputusan dan mengontrol sumber-sumber daya serta kesetaraan terhadap kesempatan dan peluang dalam menikmati hasil pembangunan. 

“Masalah gender ini memang bukan hal yang baru lagi, namun harus disegarkan kembali agar mampu tersusun anggaran yang responsive gender,” kata Ngurah Ariyasa.

Selain masalah penyusunan anggaran, pada kesempatan sosialisasi ini juga diberikan tentang pentingnya data terpilah. Data terpilah adalah nilai dari pengamatan atau pengukuran suatu variable yang telah dikelompokkan menurut jenis kelamin, status dan kondisi perempuan dan laki-laki di seluruh sector bidang pembangunan.  Data terpilah ini sangat penting, karena tersedianya data ini merupakan salah satu prasyarat PUG. Data terpilah ini akan dapat memberikan informasi tentang kesenjangan gender yang terjadi.

Sementara itu Sekretaris Dinas PP dan KB Kabupaten Gianyar, Drs. A.A. Astina Putra mengatakan  pelaksanaan PUG di Kabupaten Gianyar dalam rangkan mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalu kebijakan dan program telah dilaksanakan melalui temu koordinasi Pokja PUG dan pelatihan penyusunan penganggaran responsive gender.  Penyusunan anggaran responsive gender bagi tim pocal point pokja PUG ini sudah mengunakan alat analisi gender yaitu Gender Analisys Pathway (DAP) dan Term of Referrence (Tor) untuk menentukan program kegiatan yang responsive gender dengan data terpilah sebagai indikatornya.

Sosialisasi berlangsung selama sehari diikuti oleh pejabat PPTK pada masing-masing SKPD, unsur legeslatif dan sekretaris camat se-Kabupaten Gianyar.  (Humas Gianyar/eni) 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .