29 June 2010

Sosialisasi Permendagri No.27 Th 2006 tentang Batas Desa

Kurang tegasnya batas desa seringkali menyebabkan konflik yang berkepanjangan di masyarakat. Untuk mengantisipasi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Gianyar mengadakan sosialisasi Permendagri no. 27 tahun 2006 tentang Penetapan dan Penegasan Batas Desa di Ruang Sidang I Kantor Bupati Gianyar hari ini (28/6).

Acara secara resmi dibuka Bupati Gianyar dan  dihadiri oleh seluruh Kepala Desa, Lurah  serta Camat se-Kabupaten Gianyar, termasuk beberapa Perbekel yang sudah habis masa jabatannya. Tampak terangkum dalam makna ketika Kabag Pemdes, Wayan Wardana melaporkan bahwa kewenangan yang diberikan kepada Pemerintahan Desa berdasarkan UU No. 32/2004 membawa implikasi yang besar terhadap perkembangan pemerintahan desa kedepan. Hal ini tentu membutuhkan kesiapan infrastruktur dan suprastruktur guna melaksanakan kewenangan dimaksud. Disamping itu wardana juga  menyampaikan bahwa ada suatu pekerjaan besar yang patut disikapi bersama yakni masalah penataan wilayah desa dinas.

Sementara itu Ketua Forum Perbekel yang juga anggota DPRD yang baru dilantik, Made Budiyasa mengharapkan kepada seluruh Perbekel dan Lurah untuk dapat terus menjaga komunikasi dengan Pemkab Gianyar demi memperlancar tugas pembangunan di wilayahnya masing-masing. Dan setelah kini sebagai anggota dewan, Budiyasa berharap kepada seluruh Perbekel dapat mengkomunikasikan masalah pembangunan yang ada di wilayahnya ke Komisi B DPRD Kabupaten Gianyar tempatnya bertugas.

Pada kesempatan itu Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh Perbekel yang telah melaksanakan tugas pembangunan di wilayahnya. Bupati mengharapkan kerja sama dan komunikasi yang baik terus terjalin demi tercapainya tujuan Pemerintah itu sendiri. Bupati juga menekankan kepada seluruh pimpinan Desa dan Kelurahan agar dapat mensosialisasikan 7 program unggulan yang selama ini telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Dalam acara tersebut Pemkab Gianyar juga menyerahkan cenderamata kepada 5 Perbekel yang telah habis masa jabatannya yaitu A.A. Oka Widnyana mantan Perbekel Petulu, I Nyoman Suta mantan Perbekel Lodtunduh, I Wayan Sudiartana mantan Perbekel Pering, I Gusti Ngurah Tinggal mantan Perbekel Bresela, dan Ida Bagus Gede Bujana mantan Perbekel Kelusa. Pada Kesempatan itu dilaksanakan juga penyerahan jabatan Ketua Forum Perbekel, dari I Made Budiyasa kepada Perbekel Tulikup Ir. I Gusti Agung Mangku Adiarta, Msi yang ditandai dengan penyerahan Bendera Lambang Forum Lurah dan Perbekel. Setelah membuka acara Sosialisasi Bupati Gianyar juga berkesempatan melaksanakan serah terima sertifikat Laba Pura Kahyangan Tiga dan Kahyangan Jagat sebanyak 20 sertifikat kepada sejumlah Bendesa di Kabupaten Gianyar.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .