08 June 2016

Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kerjasama Daerah

Untuk mencapai kesejahteraan rakyat, ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah. Jika itu sudah dilaksanakan dengan baik, maka kesejahteraan masyarakat akan tercapai. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama, Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, DR. Drs. A. Fatoni, M.Si, saat Sosialisasi Peningkatan Kerjasama Daerah, di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (7/6).

Fatoni memaparkan dalam kebijakan umum kerjasama daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2007 tentang Tata Cara Kerjasama Daerah dikatakan, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah itu harus solid dan kuat. Dimana pemerintah bertugas memberikan pelayanan dan masyarakat merespon kualitas layanan sehingga terwujud suatu sinergitas yang saling melengkapi.

“Untuk Kabupaten Gianyar, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat maupun daya saing daerah sudah tidak diragukan lagi. Hanya mungkin peraturannya harus lebih disosialisasikan lagi agar kedepannya bisa lebih ditingkatkan,” kata Fatoni.

Dijelaskan lagi, dalam urusan kepemerintahan ada sebagian yang hanya dapat diselenggarakan oleh pemerintah pusat, sebagian dapat diselenggarakan melalui asas dekonsentrasi dan sebagian lagi diselenggarakan melalui asas tugas pembantuan. Ini yang nantinya merupakan bentuk kerjasama pemerintah pusat dengan pemerintah di daerah.

Bupati Gianyar dalam kesempatan ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum dan keuangan Setda Gianyar, Wayan Sudamia menyambut baik sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kerjasama Daerah untuk para kepala SKPD, Camat, maupun Forum Perbekel Kabupaten Gianyar ini. Menurutnya para pucuk-pucuk pimpinan ini harus mampu memahami pelaksanaan teknis kerjasama dalam melaksanakan kerjasama baik dengan instansi pemerintah maupun dengan lembaga lainnya terutama terkait dengan substansi, materi, prosedur dan mekanisme kerjasama.

Sementara itu Ketua Panitia Sosialisasi, Dra. I.A Nyoman Tirtaningrat menjelaskan, sosialisasi ini menyasar seluruh SKPD, Camat dan BUMD se-Kabupaten Gianyar. selain menghadirkan DR. A Fatoni sebagai nara sumber, juga menghadirkan Kepala Bidang Kerjasama Dalam Negeri, Pusat Fasilitasi Kerjasama Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Drs. Yudia Ramli,M.Si, dengan membawakan materi Mekanisme Kerjasama Daerah. (HumasGianyar/Eni) 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .