27 January 2011

Sosialisasi Integrasi Musrenbang dengan PNPM Mandiri

Meningkatkan efektifitas perencanaan pembangunan merupakan poin penting yang hendak dicapai melalui Integrasi Perencanaan Musyawarah Perencanaan (Musrenbang) dengan PNPM Mandiri. Demikian yang disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Ida Bagus Nyoman Rai kepada peserta Sosialisasi Integrasi Perencanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang Revitalisasi)) dengan PNPM Mandiri di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar (26/01).

Lebih lanjut, menurut Ida Bagus Rai, Integrasi Musrenbang dengan PNPM Mandiri juga bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil perencanaan, menyelaraskan perencanaan teknokratis, politis dan partisipatif serta mendorong terwujudnya pembagian wewenang dan penyerahan urusan pemerintah kabupaten kepada pemerintah desa.

Ida Bagus Rai menjelaskan Sosialisasi bertujuan untuk menyamakan  persepsi dari semua stakeholder di daerah dari tingkat desa hingga Kabupaten dalam terwujudnya pembangunan secara integrative berdasarkan pada peraturan perundangan, baik dari sisi perencanaan maupun penyelenggaraan.

Dalam Sambutannya Bupati Gianyar menegaskan bahwa “Musrenbang desa jangan sampai dipersempit artinya menjadi kegiatan rutin hanya untuk mengisi formulir daftar usulan kegiatan yang akan dibawa ke Musrenbang kecamatan, tanpa pernah teralikasi dalam APBD, namun Musrenbang Desa harus menghasilkan kegiatan prioritas (RKP Desa) yang mencerninkan kebutuhan masyarakat dan jelas peruntukkannya.

Lebih Lanjut, Cok Ace menjelaskan Pemerintah Kabupaten Gianyar sangat konsen terhadap pembangunan di Desa dengan mengalokasikan anggaran untuk mendukung pembangunan yang langsung dilaksanakan oleh masyarakat dengan total anggaran Rp. 49.659.462.597,- yang bersumber dari Belanja Hibah, Belanja Bantuan Sosial, Belanja Bagi Hasil Kepada Provinsi/Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa, Belanja Bantuan Keuangan kepada Provinsi/Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa serta Bantuan Langsung Masyarakat.

Ditambahkan, Cok Ace mengharapkan dengan terintegrasinya Musrenbang dengan PNPM Mandiri menjadi pondasi dari pembangun Kinerja unggul yang berbasis pada efisiensi dan efektivitas sehingga terbangun produktifitas masyarakat menuju kemandiiran dan kesejahteraan

Sosialisasi dihadiri oleh Wakil Bupati Gianyar, Sekda Kabupaten Gianyar, Para pejabat dilingkungan Pemkab Gianyar, para kepala Desa/Kelurahan se-Kabupatern Gianyar, Paskab PNPM Mandiri Perdesaan dan Askorkot PNPM-P2KP Kabupaten Gianyar.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .