26 November 2014

Sosialiasi Pelaksanaan Kabupaten Dan Kota Sehat Di Kab. Gianyar

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) beserta Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Gianyar menggelar sosialisasi pelaksanaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Gianyar, di ruang sidang Kantor Bupati, (25/11). Hadir para pimpinan SKPD terkait, Camat, Kepala Kesmas se-Kabupaten Gianyar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gianyar Ida Bagus Gaga Adisaputra, mewakili Bupati Gianyar mengatakan, pelaksanaan KKS adalah program dua tahunan yang digalakkan Departemen Kesehatan RI. Program ini mengakomodasi berbagai program di tingkat Kabupaten/Kota, yang didukung peran serta aktif masyarakat.

Untuk itu, kata Gus Gaga, diperlukan adanya sebuah komunitas, sebagai wadah menyalurkan aspirasi dan partisipasi dari masyarakat, guna menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayah yang bersih, nyaman, aman, dan sehat.”Sesuai SK Bupati nomor 927/05-B/HK/2014, saat ini di Kabupaten Gianyar terdapat Forum KKS, yang diketuai oleh Anak Agung Gede Gria,”ucapnya.

Kadiskes Gianyar Ida Ayu Dwi Cahyani mengatakan, pada tahun 2015 nanti, Kabupaten Gianyar kembali berpartisipasi dalam penyelenggaraan KKS. Dari sembilan tatanan yang dinilai, Kabupaten Gianyar mengikuti enam tatanan, sesuai dengan potensi kawasan di wilayah. Diantaranya Kawasan Permukiman, Sarana, dan Prasarana Umum, Kawasan Hutan Sehat, kawasan Pariwisata Sehat, Kawasan Pangan dan Gizi, Kawasan Masyarakat Sehat yang Mandiri, Kawasan Kehidupan Sosial yang Sehat.

Namun, penyelanggaraan KKS ini, lanjut Dayu Cahyani, diharapkan lebih mengedepankan proses, ketimbang hasil. Indikasinya diukur dengan proses yang berjalan terus – menerus dalam kurun waktu, sesuai dengan kemampuan masyarakat dan stakeholder yang didukung oleh Pemda.

“Gerakan mewujudkan KKS butuh waktu cukup lama. Perubahan perilaku dan lingkungan masyarakat bukan pekerjaan mudah. Diperlukan komitmen kuat dari seluruh pihak, untuk menghasilkan kebijakan publik, serta memberi pemahaman bagi semua sektor, pemerintah, swasta. Bahwa, kesehatan tak hanya bersifat sektoral. Namun, merupakan hak mendasar bagi setiap warga negara,”jelasnya.

Dikatakannya, keikutsertaan Kabupaten Gianyar dalam lomba KKS telah berhasil meraih penghargaan, yaitu Swasti Saba Wistara dengan 8 tatanan (2007), Swasti Saba Padapa dengan 8 tatanan, (2011) dan Swasti saba Pada dengan 5 tatana (2013). (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .