25 December 2014

SMPN 1 Tegallalang Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional

SMPN 1 Tegallalang Kabupaten Gianyar, berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2014. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dalam Sarasehan Sekolah Adiwiyata Nasional 2014 di Auditorium Manggala Jakarta Pusat, (22/12).

Penghargaan diterima oleh Ketua Tim Adiwiyata Nasional SMPN 1 Tegallalang, Sagung Putri SPd.M.Pd di dampingi dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar. SMPN 1 Tegallalang maju ke ketingkat nasional setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat dan telah mendapat pembinaan dari kabupaten maupun provinsi. Usaha ini terbukti tidak sia-sia, tahun ini tropi Adiwiyata Nasional berhasil disabet sekolah dibawah pimpinan Kepala Sekolah I Wayan Suratna S.Pd. M.Pd.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, A.A Dalem Jadadhita ketika dihubungi (24/12) mengatakan, bahwa sekolah ini memang telah melewati proses seleksi yang cukup ketat untuk maju ke tingkat nasional. Dijelaskan juga, untuk mencapai program Adiwiyata ada 4 komponen yang harus dipenuhi oleh sekolah seperti, ada kebijakan yang berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan , kegiatan lingkungan berbasis pastisipatif dan pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan.  

Lebih lanjut dijelaskan, penghargaan Sekolah Adiwiyata ini bukanlah yang terakhir. Sekolah yang menerima predikat ini diberikan waktu setahun untuk menjadi sekolah Adiwiyata mandiri.  Untuk menuju mandiri ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah.selain masih harus melawati tahap verifikasi, dalam waktu setahun sekolah harus mampu mengimbaskan 4 komponen program ini pada 10 sekolah terdekat lainnya.  Tahun 2013 Kabupaten Gianyar juga mampu meloloskan SMAN 1 Sukawati, meraih predikat Adiwiyata Mandiri.

“Semoga SMPN 1 Tegallalang mampu mengikuti jejak SMAN 1 Sukawati meraih predikat Adiwiyata Mandiri,” kata A.A Dalem Jagadhita.

Pada kesempatan yang sama, dalam acara Sarasehan Sekolah Adiwiyata Nasional 2014 itu diserahkan juga piagam penghargaan pada Kelompok Masyarakat Penyelamat Lembu Putih-Gianyar, sebagai nominator Penerima Penghargaan Kalpataru 2014, katagori Penyelamat Lingkungan.  

Menurut Dalem Jagadhita, masuk nominator berarti sudah pasti masuk 20 besar tingkat nasional. Sekarang kita tinggal berbenah untuk lolos verifikasi pusat guna mendapatkan Kalpataru. (Humas Gianyar/eni)

Galeri Foto :

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .