03 November 2014

SMK Negeri 3 Sukawati Genap Berusia 54 Tahun

SMK Negeri 3 Sukawati atau yang lebih di kenal dengan sebutan Kokar, kini genap berusia 54 tahun. konservatori Karawitan (Kokar)  nama awal sekolah ini yang berdiri tanggal 30 September 1960 berlokasi di Denpasar. Pendirian sekolah ini diprakarsai oleh para budayawan Bali antara lain, Prof. DR. Ida Bagus Mantra, Drs. I Gusti Bagus Nyoman Panji, I Nyoman Rembang, I Nyoman Kaler, dan I Gusti Putu Geria. Sejalan perkembangan kebijakan pemerintah, Kokar Bali tahun 1976 berubah nama menjadi Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Denpasar. Kemudian pada tahun 1999 berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Sukawati berlokasi di Kampus Kesenian Batubulan, Sukawati, Gianyar.

Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 54 ini di selenggarakan di panggung terbuka Ardha Candra Art Centre, Denpasar, (30/10).

Serangkaian Hut SMK 3 Sukawati ini di adakan beberapa kegiatan dari tanggal 23 okteber sampai puncak HUT pada tanggal 30 oktober. Kegiatan tersebut meliputi lomba internal antar siswa siswi di SMK 3 sukawati, lomba external antar SMP,SMA/SMK, Sanggar di seluruh bali dan puncak hut yang di hadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar Dewa Alit mudiartha dan  dimeriahkan oleh pagelaran tari maskot (SemaraAdiGuna) ,penyerahan hadiah lomba, hiburan music, lawak yang di tampilkan oleh para alumnus SMK 3 Sukawati seperti Cedil, Dadong Rerod, Sokir, DekCilik, Dedi Tompel, Purna,Kencana, dan ditutup dengan pementasan sendratari Ekalwya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar Dewa Alit Mudiartha mengatakan dengan bertambahnya usia SMK Negeri  3 Sukawati, sekolah ini bisa mencetak lulusan yang dapat melestarikan budaya daerah yang hampir punah dan menjadikan budaya daerah sebagai identitas diri.

Kepala sekolah SMK N 3 Sukawati I Gst.Ngr. Serama Semadi,SSP.,M.Si berharap dengan semakin matang nya usia SMK 3 Sukawati ini diharapkan agar sekolah dapat berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dengan berpatokan pada penggalian, pelestarian, dan pengembangan budaya daerah.

Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mempercayai kami dalam penyelenggaraan  pendidikan di SMK N 3 Sukawati ini, semoga kedepannya kami bisa menjadi sekolah yang mampu bersaing di era global dan mampu melestarikan budaya bali agar tetap lestari. “imbuh Gst. Ngr Serama Semadi.  (Humas Gianyar / DWDD)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .