05 June 2013

SMA/SMK Siap Terima Siswa Melalui Tiga Jalur

kadisdikporaUjian Nasional tingkat SMA/SMK maupun SMP di Kabupaten Gianyar sukses dengan tingkat kelulusan 100 persen. Rasa syukur dan bangga ini tidak hanya dirasakan oleh siswa semata namun juga seluruh masyarakat Gianyar. Hal ini ditegaskan oleh Kadisdikpora I Gusti Ngurah Wijana saat ditemui di Ruang Kerjanya (3/6).

Di Kabupaten Gianyar, peserta ujian Nasional tahun ini untuk tingkat SMA diikuti 2.471 peserta dan SMK 3.976 peserta. Sedangkan untuk tingkat SMP diikuti 6.941 peserta. Menurut Wijana keberhasilan meluluskan siswanya  100 persen tak terlepas dari dukungan semua pihak. Mulai dari anak didik, guru disekolah maupun orang tua siswa.

Untuk siswa SMP yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, kewajiban berat menanti di depan mata. Menurut data di bagian SMA  Disdikpora Kab. Gianyar, penerimaan siswa SMAN/SMKN harus melalui 3 jalur yaitu jalur prestasi akademik dan non akademik sebesar 20 % dari daya tampung, jalur siswa miskin  sebesar 10% dan sisanya melalui jalur TPA sebesar 70 %.

Menurut Ngurah Wijana, untuk SMA /SMK negeri hampir semua memakai jalur TPA, namun ada dua sekolah kejuruan memakai jalur NEM saja yaitu SMKN Tampaksiring dan SMKN Tegallalang. Sedangkan untuk pendaftaran TPA karena berbenturan dengan kegiatan Porsenijar Tingkat Provinsi dimana banyak siswa SD maupun SMP yang ikut berlomba, maka pendaftaran TPA direncanakan pada tanggal 12-16 Juni 2013, agar semua siswa dapat ikut mendaftar.

Di Gianyar terdapat 7 SMA negeri dan 7 sekolah kejuruan (SMKN) dimana masing-masing sekolah memiliki daya tampung yang bervariasi. Menurut Kabid. SMA/SMK Disdikpora Kab. Gianyar, Drs. Ngakan Putu Parwata, ada sekolah yang mampu menampung 320 siswa dan ada juga yang hanya menampung 254 siswa. Ini tergantung dari jumlah kelas di sekolah yang bersangkut.  Bagi sekolah yang mampu menampung 320 siswa, nantinya akan dibagi menjadi 9 kelas dengan jumlah ideal 36 siswa per kelas. Seperti salah satu SMA Favorite di Gianyar SMAN 1 Blahbatuh, ketika dihubungi mengatakan daya tampung tahun 2013-2014 adalah sebanyak 320 siswa. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .