21 April 2010

SMA I Tampaksiring Dinilai

SMA I Tampaksiring Gianyar dinilai Pusat sebagai Calon Sekolah Adiwiyata 2010. Oleh Tim Penilai dari Kementerian Lingkungan  Hidup, Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga serta Tim Propinsi Bali. Rombongan tiba di sekolah SMA I Tampaksiring tepat Pukul   09.00 Wita. Diterima Wakil Bupati Gianyar Dewa Made Sutanaya SH, Kadisdikpora Ngurah Wijana Dan Kasek  Drs. Gst. Ngurah  Puja Armaya M.Pd. Kedatangan tim yang berjumlah 3 orang itu disambut Baleganjur dan pagar betis, serta tarian kreasi Kasmaran oleh siswa-siwa SMA I Tampaksiring. Unjuk kebolehan para siswa mampu menggugah perhatian Tim penilai dan undangan,  hingga kagum dan terpesona. Kolah yang asri Terlebih di dukung suasana/lingkungan sekolah yang benar-benar asri dan sejuk.

Menurut Ketua Pannitia yang juga Kasek SMA I Tampaksiring  Drs. Gst Ngr Puja Armaya M.Pd. melaporkan  program Sekolah Adiwiyata merupakan  salah satu terobosan pemerintah dalam melestarikan Lingkungan Hidup.  Dipilihnya lingkugan sekolah karena  sekolah telah mampu menunjukkan kepeduliannya berbudaya serta berwawasan lingkungan, dibarengi dengan prilaku dan pendidikan budi pekerti. Hal ini sangat penting dalam upaya menciptkan kualitas SDM yang memadai. Lebih jauh dikatanyanya juga landasan Undang Undang Nomor 20 thn 2005 tentang SPN (Sistem Pendidikan Nasional) dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2007 tantang Standar Nasional Pendidikan, yang semuanya bertujuan  untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Alam Khususnya Lingkungan sekolah.  Sehingga  terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya melakukan pelestarian lingkungan hidup.

Sementara Kadis Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Gianyar Drs. Gst. Ngr Wijana MM.M.Pd. mengatakan  Kegiatan Lomba Adiwiyata Di SMA I Tampaksiring pelaksanaanya menyasar  kepada pengembangan kebijakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan antara  Visi dan Misi sekolah yang berwawasan lingkungan,  akan dapat diterapkan dalam  proses pembelajaran guna  memberikan pemahaman dan pendidikan lingkungan  kepada   warga sekolah  agar mengerti dan paham betapa pentingnya kesehatan lingkungan  untuk menciptakan Sumberdaya Manusia  dan alam menuju hidup sehat.

Wabup Bupati Gianyar Dewa Made Sutanaya SH.  Berharap melalui penilaian dan  pelestarian lingkungan sekolah nantinya dapat berjalan dengan baik karena pemahaman serta pembelajaran tentang penganalan lingkungan wajib dipelajari oleh seluruh siswa dan masyarakat. Lingkungan  yang sehat dan tidak kumuh akan berdampak kepada tingkat pemahaman dan pengenalan jati diri  subyek itu sendiri. ”Kami berharap hendaknya seluruh elemen masyarakat  sadar untuk turut melaksanakan upaya-upaya penyelamatan  dan pelestarian lingkungan,” tegas Sutanaya.

Sedangkan Ketua Tim Penilai Pusat  Dini  mengatakan salut dan bangga atas keberadaan lingkungan SMA I Tampaksiring, walau tahun 2009 gagal masuk nominasi  Calon Sekolah Adiwiyata, tidak membuat SMA I  Tampaksiring  takut berbenah membenahi kekukarang serta mengevaluasi kegagalannya untuk dapat tampil kembali.

Adapun kerjasama yang digandeng Oleh SMA I Tampaksiring diantaranya BLH Gianyar, Yayasan Hijau Lestari, Puri Damai, Yayasan Dua Likur, dan Bali Go Green.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .