15 October 2015

Siswa SMA SMK se-Kabupaten Gianyar Dilatih Menjadi Wirausaha yang Handal

Sekitar 50 orang siswa dari Jurusan IPS SMAN 1 Gianyar tampak asyik mengikuti pelatihan kewirausahaan  untuk tingkat SMA/SMK yang di selenggarakan oleh Dinas Perindustrian Kabupaten Gianyar. Bertempat di Aula sekolah  SMAN 1 Gianyar, (13/10), para siswa calon pengusaha muda ini diberikan pemahaman oleh para narasumber seperti  Ni Kadek Winie Kaori, Bintang Mira Afriningrum dan A.A Srimahyuni.

Dari para narasumber ini mereka diajarkan tentang bagaimana memulai suatu usaha, jenis usaha maupun bagaimana cara membaca peluang pasar. Tidak semua jenis usaha bisa terus bertahan dan berkembang. Ada pengusaha yang baru memulai sudah bangkrut, namun tidak sedikit pengusaha yang memulai dari kecil namun bisa mengembangkan usahanya menjadi besar dan bertahan dari ketidakstabilan ekonomi yang terjadi. Kiat-kita menjadi besar dan mampu bertahan inilah yang ditularkan oleh para pengusaha pada para siswa.

Seperti dipaparkan desainer Bintang Mira Afriningrum. Saat ini siapa yang tidak kenal dengan Bintang Mira ? seorang desainer terkenal dengan ikon Batik Gianyar. karyanya-karya sudah sering melenggang di berbagai pagelaran busana tingkat lokal maupun nasional. Namun siapa sangka dulu Bintang Mira juga memulai dari usaha kecil dulu, melanjutkan usaha baju Bali milik keluarga suaminya. Namun berkat inovasi dan kreatifitas, kini usaha tersebut sudah mampu berkembang pesat, dan menciptakan brand sendiri lepas dari usaha yang dulu.

“Ini semua berkat kerja keras dan tidak pernah berpuas diri. Saya selalu berusaha mencari inovasi model mana yang kira-kira lagi ngetren. Setelah itu saya berkreasi sesuai dengan image saya sehingga karya yang saya ciptakan menjadi ekslusif dan tidak pasaran. Ini yang penting, kita harus bisa membuat image atau ciri khas untuk karya kita sendiri, karena hal ini yang akan membuat karya kita bertahan dan terus dicari,” tegas Bintang Mira.

Tidak hanya itu, Sekdis Dinas  Perindustrian Kabupaten Gianyar, A.A Gde Oka menambahkan selain para pengusaha pihaknya menghadirkan narasumber dari kalangan pendidikan, Dr.A.A. Ngurah Tini Rusmini MM.MH, Balai Diklat Denpasar Gusti Ngurah Oka Paradhita, S.TP.MT dan unsur Bank Indonesia, Teguh Setiadi. Pelatihan secara bergilir diberikan untuk 15 SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar, yang dimulai dari sekolah SMAN 1 Gianyar.

Salah satu peserta Ni Putu Dhanan Kumaradewi M,  siswa kelas 10 IPS 1 SMAN 1 Gianyar mengaku sangat tertarik dengan pelatihan kewirahusaan ini. Pasalnya sebagai generasi muda ia harus sudah bisa mempersiapkan diri untuk merencanakan masa depan mereka. menurutnya, seorang siswa meski masih sekolah tetap bisa berbisnis, asalkan tidak mengganggu pelajaran disekolah. Peluang bisnis yang paling banyak dilirik oleh kebanyakan siswa adalah bisnis online, seperti menjual segala pernak pernik HP, pakaian maupun tas. “ Hitung-hitung belajar bisnis kecil-kecilan,” ujar Dhanan. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .