01 July 2014

Sidang Paripurna I DPRD Kabupaten Gianyar,

Rapat Paripurna I  Masa Persidangan II DPRD Kabupaten Gianyar diselenggarakan di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Gianyar , (30/6). Sidang dipimpin  Ketua DPRD Gianyar, I Made Wardana serta dihadiri jajaran Muspida dan seluruh Kepala SKPD Kabupaten Gianyar.  Menurut  I Made Wardana Rapat paripurna ini adalah untuk mendengarkan penyampaian Bupati Gianyar atas Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2013. Sebagaimana dijelaskan dalam UU No. 32 Tahun 2004 pasal 184 ayat (I) yaitu Kepala Daerah menyampaikan Rancangan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa Laporan Keuangan. “ Laporan keuangan ini telah  diperiksa oleh Badan pemeriksa Keuangan (BPK) paling lambat enam bulan setelah TA berakhir.”Jelas Wardana.

Sementara itu Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Baratha dalam pemaparannya menyampaikan secara garis besar gambaran tentang perkembangan pelaksanaan APBD TA 2013 meliputi Pendapatan  dengan rincian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang direncanakan sebesar 263,262 milyar rupiah lebih, terealisasi 319,612 milyar rupiah lebih (121,40%), Pendapatan Transfer  terdiri dari Transfer Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi direncanakan sebesar 915,241 milyar rupiah lebih, terealisasi sebesar 926,721 milyar rupiah lebih (101,25%),dan pendapatan lainnya direncanakan sebesar 5,429 milyar rupiah lebih, terealisasi sebesar 2,082 milyar rupiah lebih (38,36%). Berikutnya yaitu Belanja Daerah yang terdiri dari Belanja Operasi (BO), Belanja Modal (BM), Belanja Tak Terduga (BTT) dan Belanja Transfer (BT) dalam TA 2013 direncanakan sebesar 1,327 trilyun rupiah lebih, terealisasi sebesar 1,192 trilyun rupiah lebih (89,82%) dan terdapat efisiensi belanja sebesar 135,155 milyar rupiah lebih (10,18%). Kemudian yang terakhir meliputi Pembiayaan dengan rincian Penerimaan Daerah sebagai sumber pembiayaan daerah direncanakan sebesar 148,749 milyar rupiah lebih, terealisasi sebesar 148,749 milyar rupiah lebih (100%) dan Pengeluaran Daerah sebagai pembiayaan direncanakan sebesar 5,500 milyar rupiah teralisasi sebesar 5,500 milyar rupiah (100%). Dengan demikian, Realisasi penerimaan PD TA 2013 lebih tinggi sebesar 64,482 milyar rupiah lebih dari yang direncanakan. Kelebihan tersebut disebabkan terlampauinya pencapaian beberapa Pendapatan Daerah  seperti PAD dan Pendapatan Transfer, sedangkan realisasi Belanja Daerah yang lebih rendah sebesar 135,155 milyar rupiah lebih dari yang dianggarkan. Hal tersebut terjadi karena adanya efisiensi dalam pengeluaran belanja, diantaranya penghematan dari BO, BM, BTT, serta BT. Nilai Surplus/Defisit ditambah Pembiayaan Netto menghasilkan Sisa Lebih Perhitungan APBD TA 2013 sebesar 199,637 milyar rupiah lebih.

Lebih lanjut Bupati Gianyar tak lupa mengajak seluruh jajarannya untuk bersyukur atas pencapaian Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam pengelolaan keuangan Tahun 2013 yang memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK RI perwakilan Provinsi Bali.”Kendati kita belum berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), tapi kita harus tetap bersyukur karena mampu pertahankan hasil yang kita capai tahun sebelumnya. Ke depan kami akan berupaya lebih menyempurnakan tata cara pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan dan aset, memantapkan sistem pengendalian intern serta  meningkatkan ketaatan terhadap ketentuan peraturan perundang- undangan.”ujarnya.

Bupati juga berjanji, Kelemahan – kelemahan yang masih ditemukan tahun lalu, akan di inventarisir dan dicarikan solusi pemecahannya agar tidak ditemukan lagi kesalahan serupa di tahun yang mendatang . ini semua diharapkan dapat   mewujudkan Good Governance, sehingga pada pemeriksaan laporan keuangan tahun 2014, Pemkab. Gianyar  mampu meraih hasil yang lebih baik.(Humas gianyar/Ari)

 

 

 

 

 

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .