25 August 2014

Serahkan 7 Kursi Roda, K3S Gandeng Pengusaha

Kemiskinan di Kabupaten Gianyar harus ditanggulangi dengan mengajak berbagai pihak dan melibatkan seluruh komponen masyarakat, hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Koordinasi Kegiatan Kesejahtraan Sosial (K3S) Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani saat menyerahkan 7 kursi roda dan 2 buah tongkat kepada penyandang cacat di Kantor Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, Gianyar, (23/8).

Lebih lanjut, Ida Ayu Surya Adnyani mengatakan kemiskinan di Kabupaten Gianyar disebabkan berbagai faktor, salah satunya adalah keterbatasan seseorang dalam mendapatkan pekerjaan karena cacat fisik. Seseorang yang memiliki keterbatasan fisik terutama lumpuh harus dibantu dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, namun hal tersebut bisa diatasi jika yang bersangkutan dibantu dengan kursi roda. Warga yang cacat fisik kebanyakan juga keluarga yang kurang mampu, sehingga tidak bisa membeli kursi roda. Guna mengurangi beban warga tersebut, K3S Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan dinas sosial, camat, perbekel hingga pengusaha membantu meringankan beban mereka, dengan memberikan bantuan kursi kepada penyandang cacat.

Pembagian 7 kursi roda dan 2 buah tongkat kepada warga cacat di 4 desa se-Kecamatan Sukawati, merupakan hasil kerjasama dinas terkait dengan Hardys foundantion. Pihak Hardys di tahun operasional ke-17 melaksanakan berbagai misi kemanusiaan di seluruh Bali. Sedangkan di Gianyar, pihak Hardys konsen membantu para penyandang cacat dari keluarga yang kurang mampu. Kerjasama antara pengusaha dan instansi terkait diharapkan bisa mempercepat penanggugalangan kemiskinan. “Kami selalu mengajak berbagai pihak dalam  hal meningkatkan kesejahtraan masyarakat, dan kegiatan semacam ini akan selalu dilaksanakan namun secara bertahap,” terang Surya Adnyani.

Perbekel Batuan Kaler, I Wayan Suarma mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. Gianyar khususnya K3S dan dinas sosial yang sudah memfasilitasi warganya mendapatkan bantuan Hardys Foundantion. Bantuan seperti ini sangat dirasakan warga, selama ini warga cacat banyak hidup dibawah garis kemiskinan dan kurang mendapat perhatian. Kepedualian semacam ini sangat diharapkan warga kalangan bawah, dan pihaknya akan selalu membangun komunikasi dengan pihak terkait agar kemiskinan dan penderita cacat mendapat penghidupan yang layak. “Walau tetap terbatas beraktivitas, setidaknya dengan bantuan kursi roda dan tongkat ini, para penyandang cacat merasa lebih leluasa dalam kegiatan sehari-hari,” tegas Suarma.

Salah seorang penerima bantuan kursi roda, I Wayan Lipet (66) asal Banjar Bungsu, Desa Singapadu sangat bersyukur bisa ,mendapatkan bantuan kursi roda. Selama 10 tahun dirinya tidak bisa berjalan, karena kakinya diamputasi akibat diabetes. Dirumah ia selalu dibantu keluarga dalam melakukan aktiviatas sehari-hari, dengan bantuan kursi roda ini setidaknya dia lebih leluasa bisa melaksanakan berbagai aktivitas. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .