18 February 2015

Seniman Made Lentor Berpulang

Setelah berjuang melawan penyakit stroke yang di deritanya selama 1,5 tahun lebih, akhirnya seniman Made Lentor berpulang di usia yang ke 65 tahun pada, 2 Februari 2015 di RSUD Sanjiwani. Made Lentor merupakan seniman lukis dan patung asal Banjar Buruan, Desa Buruan, Blahbatuh. Almarhum meninggalkan tiga anak dan dua orang cucu.

Adik almarhum, Ketut Modern (60) mengatakan, penyakit stroke yang diderita almarhum semenjak 1,5 tahun lalu. Setelah di obati beberapa kali, baik pengobatan medis maupun alternatife sempat membaik. Awalnya yang setengah badannya tak dapat digerakkan, sudah mulai bisa digerakkan. Namun, beberapa bulan akhir ini kondisi almarhum kembali memburuk hingga akhirnya meninggal dunia.

“Enam bulan lalu sudah sempat membaik dan badannya sudah mulai bisa digerakkan. Tapi beberepa bulan ini kembali memburuk,” terang Ketut Modern.

Ketut Modern menambahkan, kakaknya (Made Lentor) merupakan seniman sejati dan hasil karyanya kini banyak ditemukan di sejumlah museum dalam dan luar negeri serta instansi kenegaraan. Saat ini beberapa karya almarhum ada masih tersimpan di rumahnya, 2 merupakan lukisan besar dan 1 buah patung yang belom rampung dikerjakan. Bahkan, lukisan bertema Dewi Saraswati yang masing tersimpan di rumahnya sempat ditawar hingga ratusan juta, namun tetap tidak dijual oleh almarhum.

Berkat kegigihannya dalam berkarya, Made Lentor pun sempat meraih  sejumlah penghargaan. Diantaranya, Wija Kusuma (Pemkab Gianyar), Dharma Kusuma (Pemprov Bali) serta penghargaan dari Wakil Presiden Try Sutrisno.

Sebagai wujud kepedulian terhadap seniman, Pemkab. Gianyar melalui Dinas Kebudayaan menyantuni rumah duka, (17/2). Kepala Bidang Kesenian dan Perfilman Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, I Wayan Karyawan mengatakan, semasa hidupnya almarhum telah banyak mengharumkan nama Gianyar di tingkat nasional maupun internasional dengan karya – karya yang dihasilkannya. Sebagai wujud rasa belasungkawa, Pemkab. Gianyar memberi bantuan dana untuk upcara almarhum dan berharap keluarga yang ditinggalkan tetap tabah. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .